Jakarta (ANTARA) - Bisnis UMKM peralatan ibadah Universa Sajadah raup omset ratusan juta rupiah saat periode belanja Ramadan 2023 di aplikasi belanja daring Tokopedia.

Universa Sajadah adalah suatu usaha yang menawarkan produk berbagai peralatan ibadah salah satunya adalah sajadah dengan motif polos. Universa Sajadah didirikan oleh Renato Akbar pada 2014.

⁰11Pada awalnya dia adalah seorang karyawan kantoran di suatu perusahaan minyak dan gas bumi. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan membangun usaha peralatan ibadah Universa Sajadah.

Baca juga: GOTO catat peningkatan pendapatan bruto 14 persen pada kuartal I 2023

"Saya lihat muslim market begitu besar disaat itu awal-awal 2014 baru berkembang dan sangat berkembang begitu cepat disitu lah saya mencari peluang produk apa yang belum pernah dan bagaimana kita kemas untuk menjadi unik dan menjadi daya tarik lebih untuk masyarakat semua," kata Akbar pada acara konferensi pers Tren Belanja Online Selama Ramadan hingga Lebaran 2023 di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa.

Disamping itu dia mengaku memilih menjalankan bisnis peralatan ibadah juga sebagai bentuk pengabdiannya kepada Tuhan.

Nama Universa Sajadah diambil dari kata universe dengan harapan Universa Sajadah bisa menjadi merek perlengkapan ibadah yang bisa dijangkau oleh para muslim dari semua latar belakang di seluruh Indonesia.

Proses produksi peralatan ibadah yang dijual Universa Sajadah memanfaatkan tenaga penjahit lokal di Depok, Jawa Barat sehingga usaha ini juga berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat sekitar.

Sajadah yang dijual oleh Universa Sajadah adalah sajadah motif polos dimana Akbar mengaku memilih motif polos karena terinspirasi dari sebuah hadist yang mengatakan sajadah sebaiknya tidak memiliki corak agar penggunanya lebih fokus saat beribadah.

Untuk sajadah yang dijual Universa Sajadah memiliki harga yang beragam tergantung ukuran. Produk sajadah Universa Sajadah berkisar dari harga Rp 249 ribu hingga Rp 649 ribu. Selain produk sajadah Universa Sajadah juga menawarkan produk perlengkapan ibadah lain seperti sarung, mukena, dan Al-Quran.

Baca juga: Kemenparekaf bentuk satgas pengawas CHSE fasilitas wisata Labuan Bajo

Baca juga: "Inisiatif Hyperlocal" untuk lebih menghubungkan penjual dan pembeli

Baca juga: Tren belanja pada aplikasi Tokopedia selama Ramadhan hingga Lebaran
 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023