Jadi bukan hanya motto. Malahan, kita bilang September ini transaksi di antara ASEAN menggunakan digital QR Code udah bisa
Jakarta (ANTARA) - Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menargetkan layanan pembayaran digital Quick Response (QR) Code mulai bisa digunakan di antara negara anggota ASEAN pada September 2023.

“Jadi bukan hanya motto. Malahan, kita bilang September ini transaksi di antara ASEAN menggunakan digital QR Code udah bisa,” ujar Arsjad saat wawancara khusus dengan Antara di Labuan Bajo, NTT, Rabu.

Dalam agenda ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN-BAC, ia menyampaikan semua negara anggota ASEAN menyetujui integrasi layanan pembayaran QR Code yang berlaku universal.

“Contohnya, ASEAN QR Code semuanya setuju. Antara Indonesia dengan Thailand sudah, dengan Singapura, tapi ini lanjut lagi di semua ASEAN. Bayangkan sampai Myanmar aja, disiapkan QR Code juga. Ini arti dari centrality, itu kita jalankan kita push,” ujar Arsjad.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut, semua kepala negara menyetujui layanan QR Code di antara negara- negara anggota ASEAN, namun, setiap negara memiliki posisinya masing-masing

“Semua sepakat setuju (pemimpin negara), tapi, untuk posisi setiap negara berbeda- beda. Jadi kalau bisa lima, lima dulu, enam, enam dulu, Nanti semua negara akhirnya bisa masuk,” ujar Arsjad.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN menyuarakan rencana untuk membuat layanan pembayaran berbasis QR Code, yang berlaku universal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan Menteri Dewan Masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community Council (AECC) ke-22 menyampaikan para menteri sepakat mendorong Asean Leaders Declaration on Advancing Regional Payment Connectivity and Local Currency Transaction Mechanism

Ia menjelaskan penggunaan QRIS lintas negara menjadi percontohan dari rencana adopsi pembayaran QR di ASEAN, yang saat ini, sudah dapat digunakan di Indonesia dan Thailand, yang melibatkan tujuh bank di Thailand.

Baca juga: ASEAN-BAC dukung UMKM naik kelas melalui pemanfaatan QR Code

Baca juga: Kadin perluas penggunaan QR Code lewat ASEAN Business Advisory Council

Baca juga: BI: Konektivitas pembayaran ASEAN-5 akan hubungkan UMKM kawasan

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023