Alhamdulillah Batam dapat 27 kuota haji tambahan dari itu, dan saat ini masih proses pendataan, siapa saja calon haji yang akan berangkat
Batam (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mendapatkan kuota tambahan sebanyak 27 calon jamaah haji menyusul penambahan kuota pemberangkatan jamaah haji bagi Indonesia pada pelaksanaan ibadah haji 2023.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Batam Syahbudi di Batam, Rabu, mengatakan sebelum mendapatkan penambahan kuota haji, Kota Batam telah memiliki kuota sebanyak 636 calon haji asal yang akan berangkat tahun ini.

"Sebelumnya Kepri mendapatkan kuota sebanyak 47 calon haji, setelah Indonesia menerima 8.000 kuota tambahan dari Arab Saudi. Alhamdulillah Batam dapat 27 kuota haji tambahan dari itu, dan saat ini masih proses pendataan, siapa saja calon haji yang akan berangkat," kata Syahbudi.

Baca juga: Pemerintah Kota Batam siapkan uang saku untuk calon haji

Ia menyebutkan hingga saat ini sudah 90 persen atau 574 calon jamaah haji sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH). Sementara untuk jamaah haji lansia yang akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2023 sebanyak 31 orang dengan usia tertua 93 tahun.

Kata Syahbudi, persyaratan pemberian prioritas kuota kepada jamaah haji reguler lansia dilakukan berdasarkan urutan usia tertua pada masing-masing provinsi dan telah terdaftar sebelum tanggal 25 Mei 2018.

"Jadi yang mendaftar haji sebelum tahun 2018, yang usia lanjut itu datanya ditarik," kata Syahbudi.

Baca juga: Kemenag: Masa tunggu keberangkatan haji di Kepri 22 tahun
Baca juga: Kemenag segera bahas pemanfaatan tambahan kuota haji bersama DPR


 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023