selamat menikmati keindahan Labuan Bajo
Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo berharap keindahan alam dan keramahan warga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dapat mendorong para pemimpin negara ASEAN untuk mendukung terciptanya kawasan yang stabil dan damai.

"Semoga keindahan alam dan keramahan warga lokal di sini dapat mendorong kita untuk mendukung ASEAN sebagai kawasan yang damai dan stabil, serta pusat pertumbuhan," kata Jokowi dalam sambutannya saat jamuan makan malam dengan para pemimpin negara ASEAN dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, Rabu petang.

Jokowi sekali lagi mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin negara anggota ASEAN bersama pendamping dan delegasi di Labuan Bajo, yang disebutnya sebagai salah satu tempat terindah di Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi: ASEAN harus bersiap dengan kondisi terburuk

Dia pun menjelaskan bahwa tak jauh dari lokasi jamuan makan malam terdapat Pulau Komodo yang menjadi habitat fauna asli Indonesia, yakni komodo.

Rangkaian jamuan makan malam para pemimpin negara ASEAN dalam KTT ASEAN 2023 itu diawali dengan sajian tari-tarian dari kelompok tari E-Project dan Ekosdance Company arahan koregrafer Eko Supriyanto serta musik pengiring gubahan Ronald Steven. Grup vokal GAC lalu tampil membawakan lagu "Puspa Warni" ciptaan Guruh Soekarnoputra.

Baca juga: Sandiaga sebut fasilitas Labuan Bajo akan terus ditingkatkan usai KTT

Selanjutnya, Jokowi naik ke atas panggung utama untuk menyampaikan sambutannya sembari mengucapkan harapan agar para pemimpin negara ASEAN menikmati sajian jamuan makan malam.

"Selamat menikmati jamuan makan malam, selamat menikmati keindahan Labuan Bajo, dan selamat menikmati pertunjukan malam ini," ujar Jokowi menutup sambutannya.

Sebelum jamuan makan malam, Jokowi sempat mengajak para pemimpin negara ASEAN dan pendampingnya menikmati momen matahari tenggelam dari atas kapal pinisi yang berlayar ke tengah perairan Pelabuhan Labuan Bajo.

Baca juga: Jokowi ajak pemimpin ASEAN nikmati matahari tenggelam di Labuan Bajo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023