Jakarta (ANTARA) - Selebritas Asmirandah mengaku dibantu dokter untuk menerapkan pola asuh yang baik terhadap putrinya Chloe Emanuelle Van Watimena, selain juga banyak belajar dari media sosial atau internet. 

“Kalau aku selama ini ada dokter anak sendiri. Memang selama ini aku selalu ikutin konsultasi sama dokter kemudian lihat-lihat Instagramnya mungkin. Caranya seperti apa dan lain-lain,” ungkap Asmirandah saat dijumpai di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu.

“Jadi selama ini aku punya dokter yang tenang banget orangnya. Dan memang dia mementingkan emosi anak dan emosi orang tua. Karena anak itu bisa merasakan emosi orang tua. Jadi kalau mama papanya sedih anaknya sedih, begitu juga sebaliknya,” imbuhnya.

Asmirandah mengatakan bahwa dia dan suaminya Jonas Rivanno menerapkan pola asuh yang santai namun tegas kepada Chloe. Namun, dia pun tetap tidak memaksakan diri dan selalu mengutamakan menerapkan cara yang cocok bagi Chloe dan dirinya.

“Pola asuhnya santai dan tegas sih. Jadi aku nggak bisa bilang aku ngikutin cara A atau B. Tapi aku pakai cara aku yang memang cocok di Chloe. Jadi mungkin sekarang kan media sosial atau kita cari di internet tuh sudah banyak ya parenting-parenting gayanya seperti ini dan itu,” kata Asmirandah.

Baca juga: Asmirandah ungkap kekompakan dengan Jonas Rivanno mengasuh buah hati

Dalam pola asuhnya Asmirandah juga mengaku selalu berkomunikasi dengan Chloe. Sehingga, hal tersebut pun mempermudah dirinya dalam menerapkan sesuatu kepada putrinya itu. Misalnya, Asmirandah memperbolehkan Chloe menggunakan gadget. Namun, dirinya memberitahukan bahwa gadget memiliki fungsi untuk telpon, berkirim pesan, foto dan video.

“Screentime boleh setelah 2 tahun. Jadi boleh nonton beberapa tontonan yang memang bisa menstimulasi dan mengandung edukasi. Tapi Chloe itu biasanya ‘Mamah, Chloe boleh pegang hp? Mau video’. Jadi dia tahu fungsi hp itu buat foto, video, nelpon papa. Aku memberi tahu ke Chloe fungsi hp tuh ini loh,” terangnya.

“Aku nggak seketat itu (menjadwalkan screentime). Tapi Chloe itu waktu dinyalain tontonan, dia cuma nonton satu menit habis itu main yang lain. Mungkin dari satu sampai dua tahun nggak dikasih gadget, jadi dia nggak tertarik nonton,” lanjutnya.

Baca juga: Pola asuh jadi salah satu cara cegah anak alami sindrom metabolik

Tak hanya itu, Asmirandah pun juga mengajak Chloe untuk rajin membaca. Asmirandah mengaku, dia ingin putrinya itu suka membaca sejak dini agar tidak seperti dirinya yang malas membaca buku.

“Aku sih memang tiap malem sebelum tidur berdoa baca alkitab. Jadi kita ada alkitab anak yang banyak gambarnya, ada tulisan tulisannya. Pas saat siang kita bacakan buku lain, mungkin yg tulisannya lebih sedikit. Contoh " I love my mom" tapi dia nanya "Mama ini tulisannya apa?" Jadi anaknya sendiri akhirnya tertarik baca buku,” ujar Asmirandah.

“Biar nggak kaya aku yang malas baca buku. Aku kan baca buku yg direkomendasiin orang "Baca ini nih bagus", tapi aku pengin Chloe coba deh kayak papanya yang suka baca buku. Jangan kayak mamanya. Jadi aku pengin semua hal baiknya aku sama papanya bisa ditransfer ke Chloe, jangan yang buruk buruknya,” kata Asmirandah mengakhiri cerita.

Baca juga: Psikolog: Pola asuh yang tepat jadi kunci pembentukan karakter anak

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023