Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa keluarga berperan penting dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Keluarga memiliki peran yang penting dalam upaya membangun SDM Indonesia yang unggul dan berkualitas," kata Plt Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Didik Suhardi dihubungi di Jakarta, Rabu.

Didik Suhardi menjelaskan keluarga merupakan wahana pertama dan utama dalam penanaman nilai-nilai luhur kepada anak sejak dini.

"Dengan demikian, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi bangsa yang berkualitas dan memiliki budi pekerti yang luhur," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK: Pendidikan berperan penting dalam pembentukan karakter

Menurut dia, keluarga merupakan pemegang kunci utama dalam proses tumbuh kembang anak, terutama dalam pembentukan karakter anak.

Dengan demikian, kata dia, edukasi dan teladan dari orang tua merupakan hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan pembentukan karakter anak, terutama pada saat anak berusia remaja.

"Oleh karena itu, orang tua perlu berperan aktif membangun SDM unggul melalui pola asuh yang tepat guna memastikan anak-anak mereka tumbuh menjadi SDM unggul dan berkualitas," katanya.

Didik menambahkan bahwa program pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu bekal utama untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Kemenko PMK ajak orang tua terapkan pola pengasuhan positif

"Pembangunan SDM berdasarkan siklus hidup merupakan prioritas Indonesia untuk menyongsong Bonus Demografi 2030 dan Indonesia Emas 2045," katanya.

Didik juga mengajak orang tua untuk terus memperkuat penerapan delapan fungsi keluarga untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Delapan fungsi keluarga tersebut adalah fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosial dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Kemenko PMK, kata dia, terus mendorong edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya penguatan delapan fungsi keluarga.

Baca juga: Kemenko PMK:Pembangunan manusia aspek esensial wujudkan Indonesia Maju

"Kemenko PMK berharap delapan fungsi keluarga ini menjadi pedoman bagi keluarga-keluarga di Tanah Air dalam mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023