Ini kunjungan yang berkesinambungan dan untuk menebar hal-hal baik dan positif dari Labuan Bajo sebagai destinasi wisata konservasi
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, meyakini kehadiran perwakilan ASEAN Youth dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN turut mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia.

Sandiaga mengaku mayoritas dari perwakilan ASEAN Youth berbagai negara mengaku akan merekomendasikan Labuan Bajo dan kembali berkunjung di masa mendatang berdasarkan hasil survei.

"Ini kunjungan yang berkesinambungan dan untuk menebar hal-hal baik dan positif dari Labuan Bajo sebagai destinasi wisata konservasi," kata Sandiaga di kawasan Golo Mori Convention Center, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu.

Baca juga: BPOLBF : Ada ASEAN Youth Program dalam rangkaian ASEAN Summit

Menurut Sandiaga lebih dari 90 persen perwakilan ASEAN Youth yang disurvei Kemenparekraf RI mengaku akan merekomendasikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata.

Sedangkan, lebih dari 80 persen menyatakan akan kembali berkunjung ke Labuan Bajo membawa keluarganya.

"Saya tadi bicara dengan beberapa dari mereka, mereka yakin akan balik ke sini lagi," kata Sandiaga.

Oleh karena itu, Sandiaga mewakili Kemenparekraf dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourist Development Corporations (ITDC) bersama segenap Pemerintah RI mengapresiasi kehadiran perwakikan ASEAN Youth dari berbagai negara yang hadir langsung ke Labuan Bajo dalam rangkaian KTT Ke-42 ASEAN.

"(Kami) berharap kunjungan mereka ini bukan hanya pertama dan terakhir," katanya.

Bersamaan dengan itu, Menparekraf juga berharap generasi muda Indonesia yang turut hadir bersama ASEAN Youth dalam rangkaian KTT Ke-42 ASEAN bisa memanfaatkan media sosial mereka guna memproduksi konten promosi wisata Labuan Bajo.

"Konten-konten yang biasanya hanya joget-joget, sekarang bisa menjadi konten untuk mempromosikan destinasi wisata dan belanja produk-produk ekonomi kreatif Indonesia, khususnya Labuan Bajo," ujar Sandiaga.

Menparekraf mendatangi kawasan Golo Mori Convention Center untuk melakukan prosesi penanaman pohon di sana.

Mereka menanam bibit pohon munting yang akan menumbuhkan bunga-bunga berwarna merah muda dan ungu.

Menparekraf berharap delegasi ASEAN Youth akan kembali ke Labuan Bajo untuk melihat langsung hasil penanaman pohon mereka di kemudian hari.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo juga meyakini KTT Ke-42 ASEAN merupakan momentum baik untuk mempromosikan Labuan Bajo agar semakin dikenal dunia. Hal itu sempat disampaikan Presiden Jokowi setibanya di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada Minggu (7/5) lalu.

"Ini momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo, supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi.

Baca juga: Sebanyak 45 pemimpin muda ASEAN ikuti ASEAN Youth Fellowship

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023