Ini menjadi pembahasan penting di Komisi VIII DPR RI, bahwa 60 ribu lebih lansia ini berarti membutuhkan petugas yang profesional
Batam (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq meminta petugas haji bertindak profesional dalam mendampingi calon jamaah haji lanjut usia (lansia) pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Ia menyampaikan pada pelaksanaan haji tahun ini merupakan calon haji lansia dengan kuota 67.000 orang atau sekitar 30 persen dari kuota haji yang didapatkan Indonesia sebesar 220.000 calon haji.

"Ini menjadi pembahasan penting di Komisi VIII DPR RI, bahwa 60 ribu lebih lansia ini berarti membutuhkan petugas yang profesional," kata Maman di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis.

Baca juga: Alissa Wahid: Layani jamaah haji lansia dengan suka cita
Baca juga: Menag: Sabar adalah kunci layani jamaah haji lansia


Kemudian ia juga berharap petugas haji mendapat arahan untuk menghadapi psikologi calon jamaah haji lansia serta menyiapkan fasilitas yang tidak memberatkan.

"Ini menjadi poin penting dan menjadi arahan. Dengan 60 ribu haji lansia tentu ada banyak tantangan tapi saya yakin Dirjen Haji (Kemenag) bisa melayani dengan baik," ujar Maman.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto mengatakan calon jamaah haji lansia di Kepri, tertua berusia 92 tahun.

"Haji lansia di Kepri ada 62 orang. Petugas juga dapat pelatihan menangani lansia dan usia paling tua 92 tahun. Petugas keseluruhan di PPIH Batam 90 orang," ujarnya.

Baca juga: DPR RI nilai Embarkasi Batam telah siap dukung pelaksanaan Haji 2023

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023