36 persen di antaranya sudah memenuhi kuota perempuan
Jakarta (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DKI Jakarta mendaftarkan 106 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk bertarung memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ibu Kota pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kita berhasil mendaftarkan 106 anggota calon anggota DPRD dan 36 persen di antaranya sudah memenuhi kuota perempuan," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DKI Nurcahyo Anggorojati, saat ditemui di kantor KPU DKI Jakarta, Kamis.

Nasdem jadi partai ke tiga setelah sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah memberikan berkas pendaftaran ke KPU DKI Jakarta.

Dari 106 caleg tersebut, Nurcahyo berharap pihaknya bisa mencapai target yakni di atas 15 kursi di DPRD DKI Jakarta.

Karenanya, Nurcahyo mengimbau seluruh caleg untuk bekerja secara maksimal menarik kepercayaan masyarakat di masa pemilu nanti.

Baca juga: Tiga partai akan daftarkan bacaleg ke KPU DKI besok

"Kami ingin meminta para caleg kami sebagai lakon dari pesta demokrasi ini untuk jadi lakon yang baik yang dapat dipilih masyarakat," jelas dia.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menyebutkan tiga partai politik akan mendaftarkan bacaleg DPRD DKI Jakarta pada Jumat (12/5).

Tiga partai tersebut, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"PAN kalau tak berubah, itu pukul 14.00 WIB, PSI pukul 15.00 WIB, kemudian PKB pukul 15.30 WIB," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nurdin. 

Sedangkan PKS, Hanura, Nasdem, PDIP dan PPP telah mendaftar bacalegnya untuk bertarung memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2024.

Baca juga: KPU DKI imbau parpol tidak daftarkan bacaleg di hari terakhir

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023