dari lebaran kemarin harganya tetap
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya Pasar Mayestik Jakarta Selatan menuturkan harga beras di pasarnya terbilang stabil sejak hari Lebaran Idul Fitri hingga kini.

"Harga beras seperti beras IR I dan IR II itu sama setiap hari, bahkan dari lebaran kemarin harganya tetap sampai sekarang yaitu Rp12 ribu dan Rp13 ribu per kilogram," kata Petugas pencacah Pasar Mayestik Zenal Mutaqin saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Zenal menambahkan untuk beras merek lainnya juga harganya terbilang stabil yakni beras Muncul I Rp15 ribu, beras IR 42 Rp14 ribu, dan beras SETRA I seharga Rp13 ribu.
 
Menurut Zenal, pihaknya terus menyesuaikan sasaran konsumen mereka yakni kaum kalangan menengah ke atas yang cenderung lebih memilih membeli barang berkualitas dan daya belinya tinggi.
 
"Pasar Mayestik itu pedagangnya mengutamakan kualitas nomer satu," tambahnya.

Bahkan, dari produsen Pasar Induk Kramat Jati para pedagang juga sudah memilih yang terbaik dalam kelas komoditas, sehingga harganya yang memang terbilang berbeda jika dibandingkan dengan pasar lainnya.
 
Selain itu, kata dia, untuk harga cabai, bawang merah, dan bawang putih terbilang naik turun lantaran mengikuti harga dari pasar induk.
 
Namun jika dibandingkan dengan Rabu (10/5) kemarin harga bawang merah tetap Rp60 ribu dan bawang putih tetap Rp45 ribu per kilogram.
 
"Untuk harga cabai merah besar dan cabai rawit hijau dari Rp55 ribu turun menjadi Rp50 ribu, sedangkan cabai rawit merah dari Rp55 ribu naik Rp60 ribu per kilogram," tutupnya.

Mengenai harga pangan, pihaknya mengaku setiap harinya memantau terutama empat pedagang beras di pasarnya yang nantinya akan dilaporkan ke laman Informasi Pangan Jakarta (IPJ).
 
Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional secara resmi memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium sebesar Rp10.900 per kilogram menyusul terbitnya Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Baca juga: Harga beras di Pasar Tomang Barat Jakbar masih stabil

Baca juga: Ketua Koperasi Cipinang katakan harga beras pindah harga

Baca juga: Bulog siapkan beras impor jaga stabilisasi harga usai Lebaran

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023