Phnom Penh (ANTARA) - Chef de Mission Tim Indonesia di SEA Games 2033 Kamboja Lexyndo Hakim mengatakan pentingnya konsistensi saat sebuah negara memutuskan menjadi tuan rumah sebuah ajang multcabang olahraga.

“Setelah opening, baru hari kedua, ada beberapa kekurangan dari sisi penyelenggaraan sudah mulai terlihat. Walaupun sifatnya minor, tapi saya sebagai yang mewakili teman-teman dari Indonesia, saya harus sampaikan ke panitia, bukan komplain, tapi kita sampaikan begini, begini. Di situ ada ruang diskusi dan mereka sudah mulai memperbaiki segala keterbatasan dan kekurangan yang ada,” kata Lexy saat ditemui di Rumah Indonesia, Phnom Penh, Kamboja, Jumat.

“Kami minta kebagusan, kemewahan, tidak hanya ada di ceremony opening dan closing tapi ketika penyelenggaraan ada konsistensi dari CAMSOC agar serius sekaligus memberikan service termasuk penyelenggaraan pertandingan yang baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, hal yang disoroti Lexy terkait penyelenggaraan termasuk SDM yang disediakan seperti wasit, talenta teknologi (IT) di setiap pertandingan, dan hal-hal lain yang memastikan jalannya pertandingan lancar untuk kenyamanan bagi seluruh atlet.

Baca juga: CdM Tim Indonesia minta CAMSOC konsisten berikan pelayanan terbaik

“Jangan sampai kekurangan-kekurangannya terus berulang. Saya minta konsistensi, terus perbaiki, dan cepat menangkap komplain dari seluruh negara peserta,” ujar dia.

Saat disinggung mengenai adanya indikasi-indikasi kecurangan di beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games perdana Kamboja ini, Lexy mendorong sportivitas di semua cabang pada pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara itu.

“Saya percaya kita memperhatikan dan menjunjung sportivitas sesuai Olympic Charter yakni respect, persahabatan, dan solidaritas dalam olahraga,” kata Lexy.

“Kalau soal curang, jika emang ada hal-hal yang bisa dibuktikan, tentunya federasi terkait yang merasa ada indikasi-indikasi tertentu harus cepat bergerak. Kami selaku CdM memastikan kenyamanan bagi setiap atlet,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Rumah Indonesia beri pelayanan terbaik untuk timnas selama SEA Games

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023