Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Indonesia Anindya Novyan Bakrie mengatakan kesiapan menuju Olimpiade 2024 Paris yaitu dengan menciptakan ekosistem berupa pelatih, dokter hingga tim analis yang mendukung para atlet.

Melalui forum bertajuk "Menjaga Semangat Kolektif Menuju Merah Putih Berkibar", Anindya berharap dapat menemukan formula yang terbaik untuk kesiapan para atlet sebelum turun di Olimpiade 2024.

"Tugas kami bagaimana bisa memberikan dukungan ekosistem yang terbaik untuk para atlet bisa memberikan performa yang terbaik. Saya rasa sebenarnya itu yang paling penting," kata CdM Indonesia Anindya Bakrie kepada pewarta di Jakarta, Senin.

"Selebihnya bagaimana kita juga fokus bukan saja di sisi teknis, fisik tapi justru yang paling penting adalah mentalnya pada saat ini karena sekarang kita sudah di penghujung dan inilah yang kita diskusikan bersama-sama," tambahnya.

Baca juga: Menpora yakin Indonesia dapat beri kejutan di Olimpiade 2024 Paris

Anindya yang juga merupakan Ketua Umum Federasi Akuatik Indonesia tersebut enggan membahas mengenai target yang ditetapkan nantinya di Olimpiade karena masih terdapat sejumlah kualifikasi yang berlangsung hingga bulan Juni mendatang.

"Kalau mengenai target tadi sudah bicara sama pak Okto ketua NOC bahwa tentunya semua ini masih berproses ya, karena kualifikasi aja belum selesai masih sampai bulan Juni 2024 dari situ baru kita bisa lihat berapa target yang pas. Tapi setiap pimpinan pasti sama, ingin lebih baik daripada sebelumnya," ujar Anindya.

Selain mengadakan forum untuk saling berdiskusi mempersiapkan Indonesia menuju Olimpiade 2024, Anindya juga menilai formula dengan memberi apresiasi kepada para atlet yang kini tengah mempersiapkan diri menuju Paris juga begitu penting.

Baca juga: Ketum KONI Pusat apresiasi kesiapan Indonesia tatap Olimpiade 2024
Baca juga: CdM Indonesia adakan forum bahas kesiapan Indonesia menuju Olimpiade


"Ya saya rasa itu yang paling penting apresiasi dari kami, tapi itu hanya awal dan lebih banyak lagi ... jadi saya lebih banyak mendengar mencatat dan dari sini kita akan membuat strategi yang terbaik dan tidak lupa juga dengan pimpinan-pimpinan cabor saya banyak mendengar dan bekerja sama," kata Anindya.

Saat ini Indonesia telah mengamankan tujuh tiket menuju Olimpiade Paris. Ketujuh atlet yang telah mengantongi tiket ke Paris yaitu, Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

Kontingen Merah Putih masih berpeluang bertambah dari sejumlah cabang olahraga yang masih menjalani kualifikasi seperti angkat besi, atletik, renang, panjat tebing, bulu tangkis hingga panahan yang masih berlangsung hingga akhir Juni.

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024