Kendari (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan kepada Babinsa Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang bertugas di Koramil 03 Lambuya Kodim 1417/Kendari, Sertu Dirhamsyah yang menjuarai Kejuaraan Dunia Kempo di Portugal.

Berdasarkan keterangan Penerangan Korem 143/Haluoleo yang diterima di Kendari, Jumat menyatakan Kasad sengaja mengundang Sertu Dirhamsyah untuk memberikan apresiasi secara langsung kepada anggota yang telah mengharumkan nama TNI AD bahkan Indonesia di cabang olahraga Kempo tingkat internasional.

Dalam ajang bertajuk 19th IKF World Kempo Championships 2023 di Kota Caldas De Rainha, Portugal, 29 April, Dirhamsyah keluar sebagai juara di kelas -65 kg.

Piagam penghargaan diserahkan Kasad kepada Sertu Dirhamsyah di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Jumat. Dirhamsyah datang memenuhi undangan didampingi Dandim 1417/Kendari Kolonel Czi Bintarto.

Kasad meminta Sertu Dirhamsyah menceritakan momen keberhasilannya saat menyabet satu medali emas dan dua medali perak dalam kejuaraan dunia tersebut. Dirhamsyah menceritakan bahwa ia meraih medali emas dari nomor bergengsi Full Kempo setelah mengalahkan atlet asal Perancis.

Sementara dua medali perak diraih dari nomor Semi Kempo dan Kata Sinkronik beregu.

Baca juga: Dirhamsyah jadi juara dunia kempo di Portugal

Kasad bahkan meminta Sertu Dirhamsyah untuk menunjukkan rekaman video pertandingan final saat ia menghadapi atlet asal Perancis. Usai melihat video tersebut, Kasad mengaku bangga dengan prestasi salah satu prajuritnya itu.

"Terima kasih telah mempersembahkan prestasi yang membanggakan Indonesia dan juga membawa nama Angkatan Darat. Teruslah berlatih agar di masa mendatang dapat mempersembahkan prestasi lebih banyak lagi,“ kata Kasad.

Ketika ditanya mengenai perasaannya seusai menghadap Kasad, Sertu Dirhamsyah pun tak kuasa mengungkapkan rasa haru dan terima kasihnya kepada Kasad atas penghargaan yang diberikan.

“Saya terharu atas perhatian Bapak Kasad. Saya tidak menyangka akan dipanggil ke kantor beliau untuk menerima penghargaan ini. Sungguh suatu kebanggaan dan kehormatan bagi saya, dan saya persembahkan prestasi saya untuk bangsa Indonesia dan TNI AD,“ kata Sertu Dirhamsyah.

Selain menerima piagam penghargaan, Kasad juga memberikan dana pembinaan bagi Sertu Dirhamsyah sebagai apresiasi pimpinan kepada prajurit yang berprestasi.

Baca juga: Dirhamsyah, juara dunia kempo: Berkat doa masyarakat Indonesia
Baca juga: Atlet kempo Indonesia: saya mendapatkan emas berkat dukungan pelatih

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023