Tokyo (ANTARA) - Indonesia yang diwakili oleh Dhama Wanita Persatuan Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo dan sejumlah vendor dari tanah air mengikuti Bazar Amal yang diselenggarakan oleh Asia Pasific Ladies Friendship Society (ALFS) di Meiji Kinenkan, Tokyo.

“Partisipasi DWP KBRI Tokyo ini merupakan upaya aktif dalam mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada anggota ALFS dan kepada publik Jepang pada umumnya,” kata Ketua DWP KBRI Tokyo Nuning Akhmadi di Tokyo, Jumat.

Dalam gelaran tersebut, DWP KBRI Tokyo menggandeng sejumlah dari tanah air, di antaranya Suardana Silver, Alir Tirta Batik, CasaLandra, dan Runa.

Sudana Silver merupakan jenama perhiasan perak, seperti kalung, gelang, anting-anting yang berasal dari Bali. Adapun, Alir Tirta Batik menjajakan produk batik sutra yang berasal dari provinsi yang sama, serta Runa menawarkan produk-produk kecantikan.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi hadir dan memberikan dukungan penuh untuk stan Indonesia yang mempromosikan produk kriya Indonesia.
Baca juga: Jepang revisi aturan ekspor produk kertas Indonesia

Menurut dia, ajang itu juga merupakan kesempatan untuk mempromosikan produk-produk dalam negeri kepada masyarakat Jepang dan para diplomat.

"Ini kesempatan yang baik untuk lebih mengenalkan kekayaan kriya Indonesia tidak hanya ke publik Jepang, tetapi juga kepada kalangan diplomatik yang hadir pada kesempatan ini," katanya.

Produk-produk yang paling digemari pengunjung adalah perhiasan, kain, dan fesyen.

Dalam kegiatan tersebut, Garuda Indonesia memberikan hadiah satu tiket pesawat Garuda Indonesia rute Narita Tokyo - Denpasar Bali pulang pergi yang diberikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan Garuda Indonesia di Tokyo Sony Syahlan.

ALFS Charity Bazaar 2023 diikuti oleh 26 negara anggota ALFS di kawasan Asia Pasifik yang dihadiri oleh Wakil Presiden ALFS Mariko Nakasone dan Seiko Urakami.

Hadir pula anggota keluarga Kekaisaran Jepang Putri Hanako serta sejumlah Duta Besar Asing di Jepang.

Hasil penjualan barang kerajinan dalam ALFS Bazaar Charity ini akan digunakan untuk mendukung kegiatan sosial, pendidikan dan bencana alam dari negara-negara anggota ALFS.

Baca juga: Beragam produk asli Indonesia kini membanjiri Canton Fair di China
Baca juga: Kemendag dorong pelaku usaha pasarkan produk makanan ke Kanada
Baca juga: BPOM pimpin diplomasi permudah pasokan pangan hewani ke Arab Saudi


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023