agar warga bisa memanfaatkan waduk sebagai destinasi wisata
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar meminta Satuan Pelaksana Tugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kramat Jati melakukan perbaikan saluran masuk (inlet) pada sisi kiri Waduk Dukuh.

"Perbaikan ini penting agar warga bisa memanfaatkan waduk sebagai destinasi wisata dan olahraga dengan nyaman," kata Anwar saat meninjau Waduk Dukuh di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat.

Dalam kunjungan itu, Anwar menemukan masalah terhadap sirkulasi saluran masuk yang menyebabkan air tak mengalir dan berbau serta menimbulkan genangan.

"Waduk ini sudah dimanfaatkan warga sebagai sarana olahraga, tetapi keluhan dari warga di sisi kiri waduk ini masih ada genangan di saat hujan. Saat saya cek ternyata permasalahannya 'inlet' waduk belum berfungsi dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Pengamat ingatkan DKI soal optimalisasi waduk seiring normalisasi kali

Dari hasil penelusuran juga ditemukan air dari Kali Sunter Cipinang tidak mengalir ke Waduk Dukuh, dan air waduk sendiri tidak bergerak sehingga berubah warna menjadi hijau dan kotor.

"Ini semua karena saluran 'inlet' yang tidak berfungsi baik. Tadi saya sudah perintahkan kepada Kasatpel SDA Kecamatan Kramat Jati, Muklis untuk dilakukan penyodetan, sehingga bila aliran kali Sunter Cipinang ini tinggi bisa diarahkan ke Waduk Dukuh," kata Anwar.

Dia juga meminta agar SDA Kecamatan Kramat Jati langsung melakukan pengerjaan pada Jumat sore agar saluran "inlet" Waduk Dukuh bisa difungsikan dengan baik.

"Mudah-mudahan nanti tidak terjadi genangan jika air Kali Sunter dan Kali Cipinang tinggi akibat air kiriman dari Bogor atau saat intensitas hujan tinggi," katanya. 

Baca juga: Wali Kota Jaktim minta Sudin SDA bangun pintu air di Waduk Rambutan I

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023