Jakarta (ANTARA) -
Pemenang dua medali perunggu cabang olahraga renang SEA Games 2023 Muhammad Dwiky Raharjo sudah gatal untuk berlatih meski para atlet renang telah diminta untuk berlibur selama sepekan.

Pengumuman bahwa para atlet renang dapat berlibur sepekan disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia Teuku Arlan Lukman, saat menyambut kepulangan para atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat malam.

Namun Dwiky yang baru pada 2023 ini tampil di SEA Games, justru ingin secepatnya kembali melakukan latihan.

"Malah aku besok mau langsung latihan aja. Soalnya harus prepare buat Asian Games, sama World Championship. Kita ada World Championship, kejuaraan dunia," kata Dwiky yang berasal dari Kabupaten Bekasi itu.

Baca juga: Renang Indonesia bawa pulang tiga emas sesuai target

Dwiky mengaku terkejut dengan keberhasilannya membawa pulang medali dari ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Sebab, pada partisipasinya di Pekan Olahraga Nasional 2021, dirinya gagal meraih medali apapun.

"Aku gak pernah ngira. Aku PON tahun 2021 gak dapat apa-apa. PON Papua. Gak dapat apa-apa. Emang tahun ini mungkin Allah kasih rezeki buat aku sih, jadi mungkin memang waktu aku sekarang pesat semua. Naik semua," tutur Dwiky.

Ia kemudian mengatakan bahwa turnamen terdekat yang akan diikutinya adalah Kejuaraan Dunia Renang, yang akan berlangsung pada Juli di Jepang. Dwiky mengatakan dirinya tidak muluk-muluk untuk dapat meraih medali di kejuaraan tersebut, sebab hal yang ingin difokuskannya saat ini adalah catatan waktu.

"Cuma yang pasti aku mau najemin waktu aku supaya arah aku lebih ke limit Olympic. Limit aku di Olympic buat gaya dada, kalau gak salah 27,3 detik. Itu masih lumayan jauh, cuma gak ada yang gak mungkin. 50, 100, 200 apapun itu, aku hajar aja," tuturnya.

Dwiky memenangi medali perunggu untuk nomor 50 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 28:01, dan satu medali perunggu lagi untuk nomor 4x100 meter estafet putra. Tambahan dua medali perunggu itu merupakan sebagian dari koleksi tiga medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu yang disumbangkan dari cabang olahraga renang bagi kontingen Indonesia.

Baca juga: Angel Gabriella belum puas dengan prestasinya di SEA Games 2023
Baca juga: Siman waspadai potensi Filipina di nomor 50 meter gaya punggung

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023