Masyarakat juga diajak untuk membangun komitmen agar bersedia membangun jamban sehat masing-masing keluarga.
Mamuju (ANTARA) - Sebanyak enam desa di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tersentuh program jamban sehat sebagai upaya mengurangi stunting di Sulbar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulbar Asran Masdy, di Mamuju, Jumat, mengatakan program jamban sehat yang menyentuh enam desa di Mamuju Tengah didukung Pemerintah Provinsi Sulbar untuk mencegah stunting.

Ia mengatakan, bentuk dukungan Pemprov Sulbar terhadap program jamban sehat di Mamuju Tengah diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan pemicuan jamban sehat.

"Program pemicuan jamban sehat tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuat jamban sembarangan atau setop buang air besar sembarangan," katanya.

Menurut dia, dari kegiatan tersebut, maka masyarakat juga diajak untuk membangun komitmen agar bersedia membangun jamban sehat masing-masing keluarga.

"Komitmen tersebut disaksikan kepala desa yang akan turut membina masyarakat agar membangun jamban sehat, yang sangat penting bagi kesehatan keluarga dan lingkungan," katanya lagi.

Ia menyampaikan, program pembangunan jamban sehat akan mampu menekan angka stunting yang terus dilaksanakan pemerintah Sulbar dengan berbagai program kesehatan.

Ia mengatakan, angka stunting di Sulbar masih sangat tinggi mencapai 35 persen, sehingga pemerintah terus berupaya menekan angka penderita stunting melalui program jamban sehat.
Baca juga: Jawa Barat targetkan seluruh kabupaten/kotanya bebas BABS pada 2030
Baca juga: KSP: Ketersediaan jamban sehat penting untuk turunkan stunting

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023