Bangli, Bali (ANTARA) - Wisatawan yang menikmati liburan Lebaran pada 8-16 April 2024 di Bali, khususnya di kabupaten Bangli, Gianyar, Klungkung dan Karangasem, dan mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan dilindungi oleh BPJS Kesehatan.

"Bagi wisatawan yang akan liburan ke Bali pada masa libur Lebaran untuk tidak khawatir jika mengalami sakit, karena akan dilayani kesehatan walaupun wisatawan terdaftar di fasilitas kesehatan (faskes) di luar Bali," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Klungkung, Elly Widiani,  saat jumpa pers, di Bangli, Rabu.

BPJS Kesehatan cabang Klungkung membawahi pelayanan kesejahteraan di kabulkan Klungkung, Gianyar, Bangli, dan Karangasem.

"Jika wisatawan dari seluruh Nusantara dan merupakan anggota JKN sedang liburan di Bali mengalami sakit, silahkan datang ke puskesmas, Rumah Sakit (RS), atau klinik terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebanyak tiga kali dalam sebulan," kata Elly.

Wisatawan cukup menunjukkan KTP ke bagian resepsionis puskesmas, RS, dan klinik yang memiliki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, maka akan mendapat pelayanan kesehatan. Wisatawan bisa melihat faskes terdekat melalui Aplikasi Mobile JKN.

Baca juga: BPJS Kesehatan beri kemudahan layanan selama libur Lebaran 8-15 April

Kepala Dinas Kesehatan Bangli I Nyoman Arsana menambahkan ada 12 puskesmas dan puskesmas pratama, serta  RSUD Bangli yang siap melayani jika wisatawan mengalami sakit saat libur Lebaran di daerah itu. 

"Puskesmas daerah hanya libur saat tanggal 10-11 April 2024 untuk layanan rawat jalan, tapi tetap kerja untuk layanan rawat inap dan Unit Gawat Darurat (UGD)," katanya. 

Wisatawan agar lapor atau RS yang menolak pasien ke nomor telpon 165. "BPJS Kesehatan menempatkan satu orang di tiap kantor cabang untuk menangani masalah dan keluhan layanan BPJS Kesehatan," kata Elly.

"Kami ingin zero complain atau nol keluhan. Kami juga sudah mengingatkan ke seluruh rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, yang miliki kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani peserta JKN dengan baik walaupun sedang liburan Lebaran," katanya.
 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024