Dua atlet dan seorang pelatih sudah berangkat pada 14 Januari 2013. Pemanggilan kedua atlet memang layak karena kualitasnya termasuk pada saat tampil di PON 2012. Kita juga menunggu kabar baik dengan prestasi yang membanggakan,"
Makassar (ANTARA News) - Dua peselancar andalan Sulawesi Selatan tampil memperkuat Tim Indonesia pada kejuaraan internasional Asian Wind Surfing Championship di Singapura, 17-21 Januari 2013.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Sulsel Basri, di Makassar, Kamis, mengatakan, kedua peselancar Sulsel itu yakni Mahardika serta Rika Irawan. Selain atlet, Sulsel juga menyumbangkan seorang pelatih terbaiknya Fadly Faisal.

"Dua atlet dan seorang pelatih sudah berangkat pada 14 Januari 2013. Pemanggilan kedua atlet memang layak karena kualitasnya termasuk pada saat tampil di PON 2012. Kita juga menunggu kabar baik dengan prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Menghadapi kejuaraan selancar Singapura terbuka 2013, lanjutnya, kedua atlet Sulsel tersebut akan tampil di RS:F Man. Kelas itu memang masih terbilang baru namun bukan alasan untuk bersikap pesimistis. Apalagi kelas tersebut rencananya akan mulai dipertandingkan di SEA Games Myanmar 2013.

Kejuaraan itu, katanya, merupakan try out pertama yang diikuti para atlet yang diproyeksikan ke SEA Games 2013. Artinya peluang untuk mewakili Indonesia akan lebih terbuka jika bisa membuktikan kualitasnya di kejuaraan Singapura Terbuka tersebut.

"Kita tentu bangga dengan terpilihnya atlet kita tampil di kejuaraan dunia. Ini juga bisa memberikan motivasi lebih bagi atlet lainnya untuk terus meningkatkan kemampuannya," ujarnya.

Selain tampil di Singapura Open 2013, baik Rika Irawan, Mahardika serta Sayuti Syarif juga direncanakan kembali memperkuat Indonesia di kejuaraan Asia di Seoul, Korea Selatan, Februari 2013.

Pelatih selancar angin Sulsel Fadly Faizal mengatakan, pemanggilan ketiga atlet tersebut karena keberhasilannya merebut emas dan perak di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012.

"Juara pertama dan kedua di PON 2012 memang berhak mewakili Indonesia. Pemanggilan ini sekaligus mempertahankan tradisi menyumbangkan atlet bagi Indonesia," jelas Fadly yang juga mengaku sempat beberapa kali tampil di kejuaraan dunia itu.

(KR-DF/F003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013