Jakarta (ANTARA) - Mitra Bukalapak mengadakan kegiatan Spesial Kumpul Juwara (SKJ) yang memberikan edukasi kepada para pemilik warung dan usaha mikro di Tangerang dan Bogor yang masing-masing diselenggarakan pada Selasa (9/5) dan Kamis (11/5).

Spesial Kumpul Juwara (SKJ) adalah acara edukasi yang diselenggarakan secara rutin oleh Mitra Bukalapak yang bertujuan untuk menghadirkan program edukasi yang menumbuhkan semangat berpikir inovatif dan kewirausahaan di kalangan pemilik warung dan usaha mikro.

“Mitra Bukalapak berkomitmen untuk mewujudkan sarana edukasi yang komprehensif lewat Komunitas Juwara. Dengan adanya berbagai kegiatan komunitas secara daring dan luring, kami ingin terus menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan pola pikir inovatif para pemilik warung, sehingga mereka bisa memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan mengembangkan inovasi-inovasi sederhana,” ujar Howard Gani, CEO Buka Mitra Indonesia dalam rilis pers yang di terima ANTARA pada Jumat (12/5) di Jakarta.

"Lewat pemberdayaan ini, kami juga berharap dapat mengantarkan mereka untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan," imbuh Howard. 

Kegiatan SKJ kali ini didukung oleh PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk dan dihadiri oleh ratusan pemilik warung, kios pulsa, maupun individu anggota Komunitas Juwara.

Baca juga: Mitra Bukalapak berupaya kembangkan bisnis warung tradisional

Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini Komunitas Juwara telah memiliki sekitar 130.000 anggota yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Tangerang dan Bogor dipilih menjadi lokasi acara SKJ karena kedua kota tersebut dinilai memiliki potensi UMKM yang sedang mengalami tren positif.

Mitra Bukalapak memberikan edukasi kepada para pemilik warung dan usaha mikro di dua kota tersebut untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan seperti minimnya pengalaman pemilik usaha dalam mengelola bisnis, terbatasnya akses ke pelatihan bisnis dan pengembangan diri, serta ketiadaan sarana berjejaring, yang menghambat pengembangan usaha.

Baca juga: Bukalapak pamerkan warung digital di acara G20

Selain itu melalui beberapa inisiatif yang diadakan oleh Mitra Bukalapak para pemilik warung dan mitra UMKM dapat meningkatkan kapabilitasnya dalam mengelola produk, bisnis, maupun keuangan secara digital.

Di samping memberikan edukasi dan berbagi pengalaman, acara SKJ juga dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan yang dibawakan Komunitas Juwara dan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading seperti kuis berhadiah dan berbagai program kolaborasi bersama Mitra Bukalapak.

Mitra Bukalapak adalah anak perusahaan dari Bukalapak yang berfokus kepada pengembangan dan pemberdayaan pedagang kecil dan UMKM di Indonesia dengan pemanfaatan teknologi untuk menyediakan akses ke berbagai produk fisik, virtual, dan keuangan serta menyederhanakan rantai pasokan berbagai lapisan proses logistik.

Baca juga: Bukalapak bantu ketahanan bisnis warteg lewat literasi digital

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023