Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, Ninja Xpress, melalui layanan Seller Booster, tercatat telah membantu optimalisasi maupun peningkatan penjualan produk UKM selama periode Ramadhan 2023.

Layanan Ninja Xpress Seller Booster yang terdiri dari Creative Business Solutions berupa live selling, endorsement serta foto dan video produk di creative hub juga mampu mendorong pengiriman barang lebih dari 30 persen pada periode ini.

"Seiring dengan terus meningkatnya akselerasi transformasi digital, pelaku UKM atau Shipper Ninja Xpress mempercayakan inovasi pemasaran bisnisnya kepada Ninja Xpress," ujar Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Ninja Xpress dukung efisiensi biaya dan SDM pergudangan untuk UKM

Ia menjelaskan layanan pemasaran yang didukung operasional customer service secara penuh tersebut telah membantu shipper dalam pengembangan bisnis dan peningkatan pengiriman produk lebih tinggi dibandingkan periode pada hari biasa.

"Terima kasih kepada driver kami yang telah bekerja tanpa lelah selama periode ini untuk memastikan semua paket diterima tepat waktu," ujar Andi.

Berdasarkan catatan Ninja Xpress, lebih dari 90 persen paket yang dikirimkan selama Ramadhan 2023 merupakan paket yang berukuran kecil (maksimal 20x11x7cm) yang didominasi kosmetik, aksesori fashion seperti baju, jam tangan, kacamata, sepatu dan lain-lain.

Baca juga: Ninja Xpress dukung penguatan layanan kepada pelaku UKM jelang Lebaran

Sementara itu, untuk kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20) juga tercatat mengalami peningkatan pengiriman lebih dari 10 persen selama Ramadhan pada 2023.

Selanjutnya, wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah sama-sama menjadi daerah pengiriman sekaligus daerah tujuan terbanyak selama periode yang sama.
Ilustrasi - Live Selling yang menjadi bagian dari Layanan Ninja Xpress Seller Booster. (ANTARA/HO-Istimewa)


Marketplace Specialist PT Ethix Distribusi Nusantara, yang menjadi salah satu shipper Ninja Xpress, Gita mengatakan layanan Seller Booster, khususnya live selling, telah membantu menyelesaikan tantangan dalam penjualan barang.

Menurut dia, penjualan dengan menggunakan layanan promosi ini bisa mencapai satu berbanding delapan dibandingkan saat live selling menggunakan vendor lainnya.

Baca juga: Ninja Xpress perkenalkan fitur baru untuk perkuat standar keamanan

"Layanan live selling Ninja Xpress yang menyediakan alat-alat yang lengkap, host yang profesional, hingga studio yang riil dan bukan green screen, sehingga hasilnya lebih bagus dan memuaskan," ujarnya.

Shipper lainnya, Mafa Co ikut menggunakan fasilitas foto produk dan endorsement dari Ninja Xpress untuk mendorong penjualan serta kenaikan pemesanan produk yang signifikan selama Ramadhan.

Owner Mafa Co Yadi mengatakan pihaknya telah menggunakan foto dan video produk di Creative Hub Ninja Xpress untuk konten iklan di Facebook Ads.

Hasilnya, menurut dia, terdapat perubahan dari segi CTR (rasio klik-tayang) yang lebih bagus untuk mendukung pemasaran produk dan konversi penjualan yang meningkat.

"Bahkan selama Ramadhan, penjualan produk naik drastis minimal 100-200 pengiriman, dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya 100 pengiriman," ujar Yadi.

Secara keseluruhan, layanan Ninja Xpress Seller Booster telah membantu shipper menjalankan operasional bisnis dari awal hingga akhir (end-to-end solution) untuk menciptakan efisiensi biaya sekaligus membantu untuk naik kelas.

Baca juga: Ninja Xpress Fasilitasi Live Selling bagi UMKM untuk Bantu Tingkatkan Penjualan dengan Konten Kreatif

Pewarta: Satyagraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023