"Persediaan beras sebanyak itu dijamin cukup."
Palu (ANTARA News) - Perum Bulog hingga kini masih memiliki cadangan stok beras tersebar di berbagai gudang yang ada di daerah-daerah mencapai 2,3 juta ton, yang cukup untuk delapan bulan memnuhi kebutuhan masyarakat, kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Perum Bulog, Abdul Karim.

"Persediaan beras sebanyak itu dijamin cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai delapan bulan ke depan," ujarnya di Palu, Jumat.

Menurut dia, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk khawatir kekurangan kebutuhan pokok tersebut karena stok beras yang ada sekarang cukup memadai.

Meski di berbagai wilayah di Tanah Air saat ini dilanda bencana alam banjir, ia mengemukakan, masyarakat tidak akan sampai kekurangan beras.

Khusus untuk membantu para korban banjir di Jakarta, Bulog sudah menyalurkan bantuan beras sebanyak dua truk.

Selain masih memiliki stok dalam jumlah yang memadai, beberapa Divisi Regional (Divre) Bulog di daerah sudah mulai melakukan pembelian beras produksi petani.

Selama Januari 2013, menurut dia, Divre Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan telah membeli beras petani.

"Saya juga dapat informasi dari Kepala Divre Bulog Sulteng bahwa hari ini sudah mulai ada kegiatan pembelian beras," katanya.

Pak Achmad Ma`mun selaku kepala Divre Bulog Sulteng mengatakan, telah membuka kontrak pembelian beras dengan mitra sebanyak 45 ton.

Bulog Sulteng sendiri menargetkan pembelian beras selama musim panen 2013 sebanyak 20.000 ton.
(T.BK03/F002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013