Batam (ANTARA) - Embarkasi Hang Nadim Batam Kepulauan Riau menerapkan layanan satu pintu atau One Stop Servis di asrama haji bagi calon jamaah haji asal Kepri dan Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Kepri Muhammad Syafii saat dihubungi di Batam, Sabtu, mengatakan meskipun Embarkasi Batam melayani empat provinsi dalam keberangkatan menuju tanah suci, namun hanya Kepri dan Kalbar yang memasuki asrama haji sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Layanan satu pintu ini dilakukan di asrama haji untuk jamaah Kepri dan Kalbar, karena mereka yang akan masuk ke asrama haji dan menginap. Jadi pembagian gelang, cek kesehatan dan lainnya di asrama haji. Kalau jamaah Riau dan Jambi sudah dari daerah asal mereka," kata Syafii.

Ia menjelaskan adapun beberapa kegiatan yang harus diikuti oleh jamaah calon haji di antaranya mulai dari penerimaan kedatangan, pemeriksaan kesehatan, penyerahan dokumen, pembagian living cost, pembagian gelang, pembinaan petugas, hingga proses pemberangkatan.

Baca juga: Embarkasi Batam siap melayani calon jamaah haji dari empat provinsi

Baca juga: DPR RI nilai Embarkasi Batam telah siap dukung pelaksanaan Haji 2023


Lebih lanjut, kata Syafii, pada musim haji tahun ini akan dicoba untuk menggabungkan beberapa kegiatan tersebut dalam satu momen pertemuan, hingga menjadi layanan satu pintu atau One Stop Servis.

Hal tersebut sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada jamaah calon haji lebih banyak memiliki waktu untuk istirahat di asrama haji.

"Ya, biar lebih cepat juga, jamaah tidak perlu bolak-balik ke aula," kata dia.

Diberitakan, Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau siap melayani calon jamaah haji dari empat provinsi di Indonesia, di antaranya Kalimantan Barat, Kepri, Riau dan Jambi.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Kepri Muhammad Syafii saat dihubungi di Batam, Sabtu, mengatakan untuk calon jamaah haji asal Kepri dan Kalimantan Barat akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Batam sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

Sementara calon jamaah haji asal Riau dan Jambi hanya melakukan transit di Bandara Hang Nadim Batam yang kemudian melanjutkan penerbangan ke Tanah Suci.

"Untuk jamaah Riau dan Jambi, mereka hanya transit saja, tidak menginap," kata Syafii.*

Baca juga: BPIH 2023 Embarkasi Hang Nadim Batam Rp87,6 juta

Baca juga: Kemenag Kalbar siapkan pemulangan jamaah haji dari Embarkasi Batam


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023