Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Ardy Susanto mendorong para pemuda Tionghoa, untuk terlibat aktif dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024.

"Pemilu Serentak 2024 sudah di depan mata, maka seluruh Pengurus IPTI maupun pemuda Tionghoa yang bergabung dalam berbagai bentuk organisasi diharapkan ikut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi," katanya di Jakarta, Sabtu.

Penegasan itu disampaikan Ardy saat pelantikan pengurus pusat Dewan Pimpinan Pusat IPTI 2022-2025 dan seminar kebangsaan bertajuk, memperingati 25 tahun reformasi.

Ardy menilai Pemilu merupakan momentum penting untuk menentukan masa depan Indonesia, melalui para pemimpin yang terpilih baik di jajaran eksekutif maupun legislatif.

Menurut dia, partisipasi aktif pemuda Tionghoa bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah satunya menjadi calon anggota legislatif baik di tingkat DPR RI maupun DPRD tingkat provinsi atau kabupaten/kota serta calon perseorangan anggota DPD.

Lalu, pemuda Tionghoa bisa terlibat menjadi penyelenggara pemilu di berbagai tingkat, baik menjadi anggota KPU dan Bawaslu.

"Pemuda Tionghoa juga bisa menjadi pemilih yang bertanggung jawab dan dengan sadar menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa," pesan Ardy.

Dia berharap pemuda Tionghoa dengan berbagai perannya harus bisa memastikan Pemilu Serentak 2024 berjalan sukses, damai dan demokratis. Hal ini penting agar Pemilu Serentak 2024 benar-benar menghasilkan pemimpin yang jujur, memiliki kompetensi, berintegritas dan benar-benar berjuang untuk rakyat sebagaimana amanat Reformasi 98.

Ardy mengungkapkan, perjuangan reformasi merupakan momen bersejarah sekaligus menyimpan luka mendalam bagi warga Tionghoa khususnya. Momentum tersebut juga menjadi sejarah lengsernya rezim otoriter dan membuka demokrasi lahir kembali.

Ardy Susanto kembali terpilih menjadi Ketum IPTI untuk periode kedua dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) pada Tahun 2022 di Tangerang. Ardy dan Pengurus DPP IPTI periode 2022-2025 dilantik oleh Asisten Deputi Wawasan Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Mulyani Sri Suhartuti. Selain itu hadir juga Anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat IPTI.

Baca juga: IPTI pilih Ardy Susanto jadi Ketua Umum periode 2022-2025

Baca juga: Aktivis Tionghoa: PKB terbuka untuk semua etnis dan agama

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023