pendaftaran yang mereka ajukan kita terima
Padang (ANTARA) - Partai Perindo menjadi partai pendaftar terakhir untuk bakal calon legislatif (caleg) Pemilu 2024 hingga ditutupnya pendaftaran pada Minggu (14/5) pukul 23.59 WIB di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Yanuk Sri Mulyani di Padang, Senin dini hari, mengatakan hingga pendaftaran ditutup Partai Perindo tercatat sebagai partai terakhir yang mendaftar.

"Kita telah periksa berkas mereka dan pendaftaran yang mereka ajukan kita terima," kata dia.

KPU Sumbar telah menerima pendaftaran dari 17 dari 18 partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024 dan Partai Perindo menjadi partai terakhir yang mendaftarkan kader mereka.

Selanjutnya KPU Sumbar akan melaksanakan tahapan verifikasi administrasi sejak 15 Mei hingga 23 Juni 2023 dan pihaknya akan mengumumkan hasil verifikasi tersebut.

Baca juga: Parpol di Padang sulit penuhi syarat keterwakilan caleg perempuan

"Kita juga memberikan ruang kepada partai politik untuk melakukan perbaikan berkas mereka nantinya," kata dia.

Sementara itu dari 17 partai politik tersebut mereka memenuhi seluruh daerah pemilihan yang ada di Sumbar yang terdiri dari delapan daerah pemilihan (dapil), namun untuk tingkat keterisian 65 orang, memang ada yang kurang dari itu.

"Parpol maksimal mendaftarkan 65 bakal calon anggota legislatif ke KPU Sumbar sesuai kursi anggota DPRD Sumbar ," kata dia.

Ketua DPW Perindo Sumatera Barat Ali Mukhni mengucapkan syukur karena bisa mendaftar di hari terakhir dan seluruh berkas yang diajukan dinyatakan lengkap oleh KPU Sumbar.

Ia mengatakan lambatnya pendaftaran karena mengontrol DPD 19 kabupaten dan kota serta menyiapkan bahan DPR RI.

Baca juga: Partai Garuda juga tak daftarkan bakal caleg di KPU Sumbar

10 kursi
Bupati Padang Pariaman dua periode ini menargetkan Perindo mampu meraih 10 kursi di DPRD Sumbar dalam Pemilu 2024 dan basis partai ini semua merata dan sama dengan partai lain.

"Di samping kualitas caleg, kita juga sudah turun langsung ke seluruh daerah untuk menyosialisasikan dan memberikan bantuan UMKM kepada masyarakat," kata dia.

Sementara untuk kursi di DPRD Sumatera Barat pihaknya menargetkan mampu mendapatkan dua hingga tiga kursi di Senayan.

"Saya sendiri maju di Dapil Sumbar II," kata dia.

Baca juga: KPU Sumbar terima dua pendaftaran caleg pada hari kedelapan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023