Korban banjir membutuhkan bahan makanan dan obat-obatan.
Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memberikan bantuan berupa bahan makanan dan obat-obatan kepada korban banjir di Jakarta.

"Kami prihatin atas musibah banjir yang melanda Jakarta. Kami akan segera memberikan bantuan kepada korban," kata Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, dirinya sudah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY untuk segera melakukan koordinasi pemberian bantuan kepada korban banjir.

"Korban banjir membutuhkan bahan makanan dan obat-obatan. Pemerintah DIY melalui koordinasi Sekda akan segera mengirimkan bantuan kepada mereka," katanya.

Sementara itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengirimkan tim relawan peduli banjir Jakarta sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di ibu kota.

"Tim relawan UGM itu akan fokus pada pemberian bantuan berupa logistik, kemanusiaan, dan kesehatan. Penekanannya pada komunitas, komunikasi, dan kartografi (pemetaan)," kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM Suratman.

Menurut dia tim relawan UGM peduli banjir Jakarta itu akan diterjunkan selama masa tanggap darurat hingga 27 Januari 2013.

Selama di Jakarta, kata dia, tim relawan akan mendirikan posko UGM Peduli Jakarta yang berada di Kantor Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

"Tim relawan UGM yang dikirim itu terdiri atas Disaster Response Unit (Deru), unit selam, pramuka, resimen mahasiswa, Fakultas Geografi, dokter dan perawat dari Fakultas Kedokteran, dan kedokteran hewan," katanya.
(B015*H010)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013