Ottawa (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin menemui tentara yang membantu memadamkan kebakaran hutan di Alberta yang memaksa warga harus dievakuasi dari rumah mereka di provinsi penghasil utama minyak tersebut.

Lebih dari 100 titik kebakaran melanda Kanada bulan ini, yang mengakibatkan lebih dari 30.000 warga terpaksa meninggalkan rumah mereka, sementara produksi gas dan minyak menghentikan produksi setidaknya 319.000 barel per hati, atau 3,7 persen dari total produksi nasional.

Pada Minggu sore, sebanyak 89 titik kebakaran berada di Alberta, dimana 25 di antaranya tidak bisa dikendalikan dan lebih dari 19.000 warga harus mengungsi.

Terdapat peningkatan sebanyak 74 titik api dan 16.000 orang mengungsi pada Jumat lalu.

Tentara Kanada terpaksa diterjunkan untuk membantu memadamkan api dan usaha pemulihan di Alberta sejak Kamis lalu, dan diperkirakan akan lebih banyak lagi tentara yang dikerahkan dalam beberapa hari ke depan, demikian menurut pemerintah daerah Alberta.

Trudeau dijadwalkan berada di Edmonton, ibu kota Alberta di mana ia akan bertemu anggota Angkatan Bersenjata Kanada sebelum bertolak ke Seoul untuk bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Sumber: Reuters

Baca juga: Media: Asap kebakaran hutan di Alberta selimuti banyak wilayah Kanada

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023