Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengenang aktor "Friends" Matthew Perry, yang juga teman sekolahnya, yang baru saja meninggal.

"Kepergian Matthew Perry mengejutkan dan menyedihkan. Saya tidak akan pernah lupa permainan di halaman sekolah yang pernah kita lakukan, dan saya tahu orang-orang di seluruh dunia tidak akan melupakan suka cita yang dia berikan kepada mereka," kata Trudeau melalui platform X (Twitter), Minggu.

Matthew Perry lahir di Massachusetts, Amerika Serikat, namun, dia pindah ke Ottawa, Kanada, mengikuti ibunya yang bertugas sebagai sekretaris pers PM Kanada Pierre Trudeau, ayah Justin Trudeau.

Aktor Matthew Perry, yang memerankan Chandler Bing dalam serial populer tahun 90-an "Friends", diduga meninggal karena tenggelam.

Baca juga: Matthew Perry "Friends" meninggal usia 54 tahun

NBC News, seperti dilaporkan Reuters, Minggu, mendapat informasi dari penegak hukum dan salah seorang perwakilan Matthew Perry, sang aktor ditemukan tewas karena tenggelam di rumahnya di daerah Pacific Palisades, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Sementara laman Los Angeles Times dan TMZ mengutip keterangan dari penegak hukum bahwa dia ditemukan meninggal di jacuzzi atau bak berendam air hangat.

Jaringan penyiaran NBC, yang menyiarkan serial "Friends" selama 10 tahun, mengeluarkan pernyataan atas kepergian Matthew Perry.

"Kami sangat seding karena kepergian Matthew Perry yang terlalu cepat. Dia membawa suka cita kepada ratusan juta orang di sunia dengan komedi yang sempurna dan kejenakaannya yang masam. Namanya akan hidup hingga generasi berikutnya yang tak terhitung jumlahnya," kata NBC.

Unggahan terakhir Matthew Perry di Instagram, tertanggal 23 Oktober, menunjukkan dia sedang berada di tepi kolam atau jacuzzi.

Bersama Jennifer Aniston, Courteney Cox, David Schwimmer, Matt LeBlanc dan Lisa Kudrow, Perry berperan pada serial "Friends" selama 10 tahun, 1994 hingga 2004.

Pada memoar "Friends, Lovers adn the Big Terrible Thing" yang terbit 2022, Perry menceritakan perjuangannya melawan adiksi alkohol dan obat resep.

"Hai, nama saya Matthew, mungkin kalian tahu saya dengan nama yang lain. Teman-teman memanggil saya Matty. Dan saya seharusnya sudah mati," kata Perry pada pembukaan buku itu.

Dalam wawancara bersama New York Times yang disiarkan Oktober 2022, sang aktor mengatakan dia sudah bersih selama 18 bulan.

"Saya mungkin menghabiskan 9 juta dolar atau sekitar itu untuk siuman," kata Perry.

Baca juga: Maggie Wheeler ungkap rasa duka atas kematian Matthew Perry

Baca juga: Matthew Perry tidak ingin ada film "Friends"

Baca juga: Matthews "Friends" Perry menyepi

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023