Jakarta (ANTARA) - Aktris Maggie Wheeler, pemeran karakter Janice Hosenstein dalam serial “Friends”, mengungkapkan rasa dukanya atas kematian rekannya, Matthew Perry pada Sabtu waktu setempat (28/10) karena ditemukan tenggelam di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat.
 
“Sungguh sebuah kehilangan. Dunia akan merindukanmu Mathew Perry,” tulis Wheeler melalui akun Instagram pribadinya.
 
Ia melanjutkan, “Kegembiraan yang Anda berikan kepada begitu banyak orang dalam hidup Anda yang terlalu singkat akan terus berlanjut. Saya merasa sangat diberkati dengan setiap momen kreatif yang kami bagikan,” kata Wheeler bersamaan dengan unggahan foto dirinya dan Perry saat tampil dalam serial “Friends” beberapa tahun silam.
Wheeler sendiri sudah cukup lama mengenal Perry karena penampilannya selama 10 musim di serial “Friends” sejak tahun 1994 hingga 2004. Di serial ini, ia memerankan karakter Janice Hosenstein dan diceritakan sempat memiliki hubungan romantis dengan karakter Chandler Bing yang diperankan oleh Perry.
 
Dari serial ini, karakter Janice dikenal dengan suara hidungnya yang khas serta slogan terkenalnya “Oh. My. God”. Wheeler pun sempat menceritakan proses penciptaan karakternya ini yang disebabkan oleh Perry.
 
Dalam sebuah wawancara tahun 2016 lalu, Wheeler memuji penciptaan karakternya yang tidak disengaja itu saat syuting “Friends” bertahun-tahun silam. Ternyata, karakter dengan tawa khas Janice merupakan upaya Wheeler untuk tertawa dengan benar karena Perry kerap melakukan hal lucu, sehingga ia perlu menemukan cara agar tidak mengacaukan proses pengambilan adegan.
 
Aktris tersebut pun memuji Perry sebagai komedian brilian yang membuat karakternya berubah di lokasi syuting. Bahkan, karakter ikonik-nya ini masih cukup lekat pada dirinya hingga sekarang.
 
“Jadi, tawa itu terjadi secara alami pada latihan pertama dan saya perlu menemukan cara untuk tertawa (dengan benar) karena Matthew Perry sangat lucu,” kata Wheeler saat itu.
 
Ia melanjutkan, “Dan bekerja dengannya, saya langsung tahu, saya berpikir, 'Orang ini akan membuat saya tertawa di lokasi syuting, saya harus bersiap. Apa yang akan saya lakukan?' Jadi, saya menciptakan tawa Janice hanya sebagai tindakan pengamanan ketika Matthew membuat saya tertawa,” kata Wheeler.
 
Sementara itu, Perry ditemukan meninggal di sebuah rumah pada Sabtu (28/10) waktu setempat. Departemen Kepolisian Los Angeles pun mengonfirmasi bahwa ada kematian seorang pria berusia 50-an di alamat rumah Perry.
 
Meskipun begitu, petugas kepolisian belum mau mengkonfirmasi identitas almarhum. Terbaru, pihak perwakilan Perry masih belum memberikan tanggapan terkait kabar kematiannya ini.

Baca juga: Bintang serial "Friends" James Michael Tyler tutup usia

Baca juga: Aktor "Friends" Mike Hagerty meninggal dunia

Baca juga: Tayang lagi di China, adegan LGBT "Friends" dihapus

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023