Dengan adanya PPD ini diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan yang lebih konsisten
Jakarta (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengumumkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

“PPD merupakan evaluasi komprehensif dan kreatif dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  Suharso Monoarfa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2023 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bappenas: PPD dorong pemda pahami perencanaan pembangunan daerah

Untuk kategori perencanaan dan pencapaian terbaik di tingkat Provinsi, pemenang PPD 2023 adalah Provinsi Jawa Tengah, lalu Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Jawa Barat. Pada tingkat kabupaten, dimenangkan oleh Kabupaten Temanggung, Kabupaten Aceh Barat, dan Kabupaten Garut.

Adapun pada tingkat kota, Kota Sukabumi memperoleh peringkat pertama dalam penghargaan PPD 2023, dilanjutkan Kota Palu, dan Kota Semarang.

PPD 2023 juga memberikan pemenang kepada Provinsi Riau sebagai kategori khusus bidang ekonomi hijau dan rendah karbon, Provinsi Jawa Tengah sebagai pemenang Kategori Khusus Bagi Provinsi yang Memulai Inisiasi Awal Sirkular Ekonomi, dan Kabupaten Madiun dengan kategori Khusus Inovasi Pembiayaan Alternatif Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk Penyediaan Infrastruktur.

Menurut Suharso, penghargaan ini merupakan apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan.

“Dengan adanya PPD ini diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan yang lebih konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat diimplementasikan (applicable),” ucap Kepala Bappenas.

Lebih lanjut, penghargaan PPD 2023 diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan sinkronisasi antara perencanaan pusat dan daerah, serta mendorong inovasi-inovasi untuk mencapai sasaran pembangunan daerah yang mendukung pembangunan nasional.

“Semoga kesempatan yang baik ini dapat semakin meningkatkan komitmen kita bersama untuk mempersiapkan Indonesia yang maju, sejahtera dan berkeadilan pada momentum 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045 yang berawal dari data penduduk yang baik dan akurat,” ungkap dia.

Baca juga: Bappenas berikan penghargaan kepada pemerintah daerah berprestasi

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023