Makassar (ANTARA) - Manajemen platform GoJek mengklaim program Gojek Swadaya yang terus berkembang setelah diluncurkan pada 2016 lalu, dapat mendongkrak kesejahteraan para mitra pengemudinya.

"Melalui program Gojek Swadaya kita menghadirkan bazar untuk membantu para mitra. Bazar yang dimaksud menyediakan bahan pokok dengan harga khusus seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan, kopi dan kebutuhan lain. Itu disiapkan di kantor Gojek," ujar Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia Guntur Arbiansyah pada halalbihalal di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Hal senada disampaikan District Head Gojek Makassar, Darul Puji Utomo, bahwa Gojek Swadaya tersebut sudah berjalan konsisten selama tujuh tahun. Hadirnya program ini sangat dirasakan dampak positifnya bahkan dapat mengurangi beban bagi para mitra pengemudi.

Selain itu, mitra bisa mendapatkan keringanan seperti membeli pulsa beserta paket kuota intenet, perawatan kendaraan, makanan, bahkan subsidi belanja kebutuhan pokok di sejumlah mini market.

Manajemen bahkan menyiapkan kemudahan bagi para mitranya dalam pengurusan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan termasuk disediakan fitur untuk merencanakan keuangan mereka seperti asuransi, pinjaman, sampai pada bantuan mengakses cicilan Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR.

"Untuk aksesnya sangat mudah. Mereka dapat menggunakan pada aplikasi yang dimiliki rekan-rekan mitra. Ada pula program ambulans untuk memberikan penanganan pertama bagi pengguna maupun mitra bila terjadi kecelakaan. Semua kelebihan ini bisa dengan mudah diakses mitra kita di aplikasi," tutur Darul menjelaskan.

 
Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia Guntur Arbiansyah (kiri) menyerahkan hadiah satu sepeda motor kepada pemenang berkah ramadhan disaksikan Kepala Bidang Moda Transportasi Dinas Perhubungan Kota Makassar Jasman Launtu (dua kanan) dan District Head Gojek Makassar, Darul Puji Utomo (kanan) saat presentase program Gojek Swadaya dirangkaikan halal bihalal di cafe Teratas Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/5/2023). ANTARA/Darwin Fatir.


Kepala Bidang Moda Transportasi Dinas Perhubungan Kota Makassar Jasman Launtu pada kesempatan itu mengapresiasi upaya manajemen Gojek memperhatikan kesejahteraan para mitranya. Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau bagi mitra pengemudi agar tetap berkendara aman.

"Kehadiran Gojek tentu membuka perluasan tenaga kerja, walaupun sejauh ini belum diketahui  berapa banyak jumlah mitranya. Program swadaya ini telah menyebarkan kebaikan, namun para mitra harus mengutamakan safety riding, aman dan nyaman saat berkendara membawa penumpangnya," harap dia.

Alimuddin salah seorang mitra Gojek menyatakan program swadaya sangat membantu karena bisa berhemat. Bahkan ia bersyukur manajemen telah memikirkan hal-hal yang penting disiapkan termasuk voucer untuk membeli oli, pulsa hingga diskon 50 persen untuk cuci mobil.

Baca juga: Program Gojek Swadaya bantu menghemat biaya operasional mitra driver
Baca juga: Program khusus Planet Ban di Gojek Swadaya bikin driver makin hemat
Baca juga: Gojek gandeng beberapa perusahaan tingkatkan kesejahteraan pengemudi

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023