sebelumnya kurang terawat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menata trotoar di sepanjang kawasan Tebet Barat agar pedestrian yang melewati kawasan itu bertambah nyaman.

"Penataan trotoar sebagai bentuk program lanjutan pedestrian di Jakarta Selatan yang akan dilakukan di semua wilayah," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Mukhlisin dalam acara sosialisasi penataan trotoar di Jakarta, Selasa.

Warga yang mendengar paparan Mukhlisin  menyambut antusias program penataan trotoar dan berharap koordinasi di lapangan  bisa lebih ditingkatkan.

Sementara, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan, Agus Indroyono, menuturkan penataan trotoar ini berawal dari aspirasi dari warga.

"Mereka meminta agar jalan yang membentang sejauh 2,3 kilometer di Tebet Barat Raya ditata yang sebelumnya kurang terawat," ujar Agus saat dikonfirmasi.

Agus menuturkan sebelum di kawasan Tebet Barat, pihaknya sudah melakukan penataan trotoar di kawasan Tebet Raya dan KH Abdullah Syafei pada 2021. Sedangkan dilakukan di Tebet Timur pada 2022.

Dia mengatakan pengerjaan penataan trotoar ini dimulai bulan Mei hingga September 2023.

"Penataan trotoar ini merupakan salah satu Kegiatan Strategis Daerah (KSD) dan nantinya jika selesai akan ditambahkan lampu penerangan," tambahnya.

Selain penataan trotoar, pihaknya juga menerima aspirasi warga mengenai perbaikan saluran air agar tidak terjadi genangan air di jalan raya  kawasan Tebet yang kerap terjadi saat hujan deras.

"Jangan sampai ada genangan air karena hadirnya trotoar ini. Makanya kita coba nanti untuk dibuat lebih rapi agar tidak ada genangan di sisi timur jalan Tebet," tutupnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mendesain ulang pedestrian di Simpang Santa, Jakarta Selatan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pejalan kaki dan pesepeda yang melintas di kawasan itu.

"Nanti (pedestrian) di Simpang Santa yang akan kita desain ulang (redesign)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Rabu.
Baca juga: Bina Marga Jakarta Selatan revitalisasi trotoar di Tebet
Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel lakukan penataan trotoar di Tebet Raya
Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel perbaiki trotoar yang rusak di Tebet Barat

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023