Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (16/5), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pelajaran berharga yang diambil dari kejadian pandemi COVID-19 serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan dini perihal potensi banjir rob di daerah pesisir semasa fenomena bulan baru.

Selain itu, ada warta mengenai potensi dampak aktivitas Gunung Karangetang, penyelidikan penyebab kematian ikan-ikan di sungai di Aceh Timur, dan dampak penambangan emas di Pasaman Barat yang bisa disimak kembali dalam ringkasan berita berikut.

Menkes sampaikan pelajaran berharga dari COVID-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pelajaran berharga dari pandemi COVID-19, yakni pentingnya membangun ketahanan sistem kesehatan untuk menghadapi berbagai masalah kesehatan. Ia mengatakan bahwa pembangunan ketahanan sistem kesehatan mencakup penguatan kemampuan menyediakan obat.

BMKG: Waspada potensi banjir rob semasa fenomena bulan baru

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob menyusul adanya fenomena fase bulan baru pada 19 Mei 2023. Pada masa itu, banjir rob berpotensi terjadi di daerah-daerah pesisir Indonesia, mulai dari pesisir Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan Barat, Maluku, hingga Papua.

BPBD imbau warga waspadai dampak luncuran material vulkanik Karangetang

Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sitaro di Provinsi Sulawesi Utara mengimbau warga mewaspadai dampak luncuran material vulkanik dari Gunung Karangetang semasa hujan, utamanya di sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung tersebut.

DLH selidiki penyebab kematian ikan di sungai Aceh Timur

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyelidiki penyebab kematian ikan-ikan di satu sungai di Gampong Gajah Mentah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Kepala Bidang Pengawasan Izin Lingkungan dan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Aceh Timur Hermansyah mengatakan bahwa petugas sudah mengambil sampel air sungai untuk memeriksa kandungan polutan air sungai.

Penambangan emas ilegal merusak daerah aliran sungai di Pasaman Barat

Kegiatan penambangan emas tanpa izin atau penambangan ilegal menyebabkan kerusakan daerah aliran sungai di Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. "Tidak hanya bisa merusak kualitas air sungai, tapi juga menyebabkan kerusakan pada sempadan sungai, akibat pengerukan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri.
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023