Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (16/5), mulai dari KPU RI menyatakan menteri boleh maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) hingga Menkopolhukam MD optimistis RUU Perampasan Aset segera dibahas beberapa pekan ke depan.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

KPU RI: Menteri boleh maju sebagai bakal caleg

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik menyampaikan para menteri diperbolehkan maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg).

"Jadi, menteri itu boleh maju sebagai bakal calon anggota legislatif. Hal tersebut tidak ada larangan," kata Idham kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/5).

Selengkapnya baca di sini.


Azwar Anas sebut akademisi berperan penting dalam reformasi birokrasi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan akademisi berperan penting dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia, berdampingan dengan Pemerintah, komunitas, bisnis, dan media.

Menurut Azwar Anas, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (16/5), peran penting akademisi tersebut di antaranya adalah mereka dapat bertindak sebagai "policy entrepreneur".

Selengkapnya baca di sini.


Puan beri sinyal Partai Kuning dukung Ganjar Pranowo di Pemilu 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memberikan sinyal bahwa partai berwarna kuning akan bergabung dengan koalisi bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal ini disampaikan Puan usai Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023.

Selengkapnya baca di sini.


DPR RI prioritaskan pembahasan 9 RUU di Masa Sidang V Tahun 2022-2023

DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI akan memprioritaskan untuk menyelesaikan pembahasan sembilan rancangan undang undang (RUU) sebagai pelaksanaan fungsi legislasi dalam Masa Sidang V Tahun 2022-2023.

"Yang saat ini masih berada pada pembicaraan tingkat I dan RUU lainnya yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Prioritas Tahun 2023," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara II, di Jakarta, Selasa (16/5).

Selengkapnya baca di sini.


​​​​​​​Mahfud MD: RUU Perampasan Aset dibahas di DPR beberapa pekan ke depan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD optimistis Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset Tindak Pidana segera dibahas di DPR RI dalam beberapa pekan ke depan.

"Sekarang (RUU Perampasan Aset) sudah masuk ke DPR, insya-Allah dalam beberapa minggu ke depan akan dibahas di DPR," kata Mahfud saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Daerah DIY Triwulan I Tahun Anggaran 2023 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (16/5).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023