Phnom Penh (ANTARA) - Setelah puas berkeliling Phnom Penh dari pagi hingga sore, tak ada salahnya untuk mampir ke Pasar Malam yang letaknya begitu strategis dari pusat ibu kota Kamboja itu.

Pasar malam itu terletak di tepi sungai dekat dengan pusat kota di Phnom Penh. Seperti namanya, pasar lokal ini buka mulai setelah matahari terbenam, atau sekira pukul 18.00 hingga tengah malam.

Dulu, pasar malam ini hanya buka di akhir pekan. Namun, seiring berjalannya waktu, Pasar Malam Phnom Penh menjadi daya tarik yang ikonis tak hanya bagi warga lokal, tapi juga turis mancanegara yang datang untuk menikmati malam di tepi sungai sambil mencicipi jajanan kaki lima, serta berbelanja.
Bagian depan dari Pasar Malam Phnom Penh di Kamboja. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Pasar Malam Phnom Penh memiliki berbagai pilihan toko kaki lima yang bisa dikunjungi, untuk membeli ragam suvenir khas Negeri Khmer dengan harga miring. Hal ini juga didukung dengan desain terbuka yang membuat pengunjung seakan tiada habisnya mengelilingi pasar dengan puluhan toko barang dan kuliner lokal tersebut.

Baca juga: Serba-Serbi SEA Games 2023 - Berburu durian Kamboja

Tak jauh beda dari Central Market, Pasar Malam Phnom Penh juga menawarkan pilihan oleh-oleh untuk keluarga dan teman tercinta, seperti kaos, pajangan, piring hias, gantungan kunci, hingga krama — kain tradisional Kamboja yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat lokal.

Harga-harga yang dibanderol oleh para pedagang dari sisi depan hingga belakang pasar pun cenderung sama. Berbeda dengan beberapa pusat belanja oleh-oleh tradisional di Indonesia yang memiliki range beragam dari satu toko ke toko lainnya.

Pelancong pun dapat saling tawar-menawar dengan pedagang, yang akan dengan senang hati menerimanya.
Pusat kuliner di Pasar Malam Phnom Penh di Kamboja. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Bukan hanya sebagai pusat belanja, Pasar Malam Phnom Penh juga merupakan surga kuliner bagi mereka yang suka berburu street food khas Kamboja. Ada amok -- makanan khas yang terbuat dari ikan, santan, dan bumbu kari yang kuat; lumpia ala Kamboja; hingga acar buah yang segar.

Hal unik lainnya dari Pasar Malam Phnom Penh ialah adanya panggung besar di tengah pasar yang bisa dimanfaatkan para warga dan turis untuk bersenang-senang bersama. Biasanya, mereka menyanyikan lagu-lagu favorit mereka di atas panggung gembira itu.

Usai puas mengelilingi pasar, para turis biasanya mampir ke cafe-cafe yang berada tak jauh dari pasar dan Sungai Mekong yang ada di hadapan mereka. Selain itu, pelancong juga bisa menikmati keindahan ibu kota dengan perahu yang siap mengarungi sungai tersebut.

Baca juga: Keseruan berburu makanan halal di Kamboja

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023