“Saya bersyukur belajar dan menjadi alumnus Universitas Islam Madinah, kampus yang menghadirkan suasana keilmuan dan interaksi antarbudaya dan antarbangsa secara kondusif, ilmiah, dan bermanfaat sehingga setelah tamat dan kembali ke Indonesia, saya b
Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengapresiasi orientasi pendidikan Islam di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, yang bermanfaat bagi umat, moderat, dan perwujudan dari Islam sebagai rahmatan lil alamin.
 
Menurut HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, dengan orientasi pendidikan seperti itu, ia sebagai alumnus Universitas Islam Madinah dapat mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya dari kampus tersebut saat kembali ke Tanah Air.
 
“Saya bersyukur belajar dan menjadi alumnus Universitas Islam Madinah, kampus yang menghadirkan suasana keilmuan dan interaksi antarbudaya dan antarbangsa secara kondusif, ilmiah, dan bermanfaat sehingga setelah tamat dan kembali ke Indonesia, saya bisa berkhidmat kepada umat, bangsa dan negara," kata dia.
 
HNW lantas berharap para mahasiswa Universitas Islam Madinah, terutama mahasiswa asal Indonesia, juga dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh selama mengenyam pendidikan di kampus itu kepada masyarakat sekembalinya ke negara asalnya.
 
Hal itu dia sampaikan saat menyampaikan orasi ilmiah dalam rangkaian agenda kegiatan Festival Budaya Bangsa-Bangsa yang diadakan oleh Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, Kamis (11/5) lalu.
 
Festival Budaya Bangsa-Bangsa merupakan acara tahunan yang rutin diadakan oleh Universitas Islam Madinah. Acara tersebut menampilkan keanekaragaman budaya dari berbagai negara asal mahasiswa.
 
Festival itu memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan akademisi dari berbagai disiplin ilmu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.
 
Selama festival berlangsung, HNW mengunjungi stan Indonesia yang dikelola oleh mahasiswa Indonesia di bawah bimbingan KJRI di Jeddah. Stan Indonesia menampilkan beragam budaya Indonesia, khususnya Aceh, dengan berbagai penampilan dan pameran yang menunjukkan kekayaan dan keanekaragaman budaya di Tanah Air. HNW pun mengaku bangga melihatnya.
 
"Saya sangat berbangga melihat bagaimana mahasiswa Indonesia menyukseskan kegiatan di kampusnya dengan menampilkan budaya Indonesia di tengah budaya bangsa-bangsa dengan penuh semangat dan dedikasi. Ini adalah bukti bahwa para mahasiswa mengapresiasi nilai-nilai dan budaya negara masing-masing," kata dia.
 
HNW menyampaikan partisipasi aktif mahasiswa Indonesia dalam Festival Budaya Bangsa-Bangsa di Universitas Islam Madinah itu adalah bentuk komitmen dari mereka berkolaborasi dengan KJRI untuk mempromosikan produk dan budaya Indonesia di panggung internasional.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023