Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak diaspora Indonesia di luar negeri aktif mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tanah Air di pasar internasional melalui brand Wonderful Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan,dalam mempromosikan potensi parekraf di Indonesia diperlukan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak, termasuk diaspora Indonesia di luar negeri.

"Dengan menguatkan sinergi dan kolaborasi, sektor parekraf akan bangkit lebih kuat dan target 8,5 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023 dapat tercapai serta memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat Indonesia," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga apresiasi Wonderful Indonesia Corner di Dubai

Melalui kolaborasi yang kuat, lanjutnya, sektor parekraf Indonesia mampu bertahan di masa pandemi COVID-19 dan bahkan mampu mengembangkan diri hingga mendapatkan banyak respons positif dari komunitas internasional.

Sandiaga dalam webinar “Indonesia Tourism Beyond Borders” turut mencontohkan, melalui momen pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa tenggara Timur (NTT), Indonesia mendapat tanggapan positif dari delegasi negara-negara anggota.

Sehingga penyelenggaraan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo menjadi salah satu bukti bahwa destinasi Indonesia tidak hanya indah alamnya tetapi juga memiliki masyarakat yang ramah, budaya yang inspiratif serta fasilitas dan atraksi berkelas dunia.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini menambahkan, webinar ini merupakan upaya Kemenparekraf untuk memperkuat hubungan baik dan meningkatkan kolaborasi dan aksi (kolaboraksi) antara Wonderful Indonesia dengan para pemangku kepentingan dan mitra Wonderful Indonesia di luar negeri.

"Orang-orang Indonesia di luar negeri merupakan salah satu aset berharga yang dapat membantu promosi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara," ungkap Made.

Baca juga: KBRI Moskow hadirkan "Wonderful Indonesia: Bali and Beyond"

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023