Diharapkan ke depannya Indonesia-Korea dapat terus menjalin hubungan dengan baik di bidang akademik, politik, budaya dan ekonomi
Depok (ANTARA) - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto menyatakan sektor ekonomi dan budaya Indonesia dapat lebih berkembang dengan pembelajaran dari Korea Selatan.

"Hal ini dapat diwujudkan dengan misalnya, Korean Wave atau Hallyu, telah mendapatkan banyak pengikut di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda," kata Semiarto Aji Purwanto dalam keterangannya diterima di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Menurut dia, popularitas budaya, musik dan hiburan Korea menghadirkan peluang signifikan untuk kerja sama di sektor budaya, termasuk produksi bersama, pertukaran seniman dan pakar budaya, serta kolaborasi dalam industri ekonomi kreatif.

FISIP UI menyelenggarakan peringatan 50 tahun kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan. Dengan menggandeng Korea Foundation, konferensi internasional bertajuk “The Indonesia-Korea Golden Anniversary Conference: Strengthening Partnership for Tomorrow”.

Direktur Korea Foundation, Mr. Choi Hyun-Soo mengharapkan bahwa setelah terselenggaranya konferensi tersebut, berbagai sektor yang menjadi topik diskusi dua negara akan bergerak lebih maju.

Baca juga: Menkeu RI temui Menteri Korea bahas perkembangan ekonomi kedua negara

Baca juga: Kerja sama dengan Korsel diharapkan tingkatkan ekonomi perempuan Jabar


"Sejak tahun 1973, Indonesia dan Korea telah membangun hubungan diplomatik. Diharapkan ke depannya Indonesia-Korea dapat terus menjalin hubungan dengan baik di bidang akademik, politik, budaya dan ekonomi," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan beberapa narasumber yang membahas perkembangan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam tiga aspek, yaitu akademik, sosial-budaya dan diplomasi.

Pada aspek akademik, Prof. Choi Kyunghee dari Seoul National University Asia Center menilai perlunya melihat bagaimana perkembangan studi Indonesia di Korea dan studi Korea di Indonesia untuk lebih mengenal budaya dari masing-masing negara.

“Strategi perlu disiapkan untuk menjawab berbagai tantangan yang mungkin dihadapi di masa depan. Sebagai bagian dari masyarakat global, saya percaya studi yang mengkaji berbagai elemen budaya kedua negara, terutama studi yang bersifat akademik dan pertukaran pelajar, berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing global,” ujar Prof. Choi.

Baca juga: Terima audiensi Dubes Korsel, Airlangga harap peningkatan kerja sama

Baca juga: Rektor UI: Pembuatan kebijakan publik harus perhatikan pihak terkait

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023