hasil aspirasi warga melalui rembuk RW
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mulai membagikan ratusan set alat kesenian religi tahun ini ke warga, khususnya para pengurus sanggar kesenian, majelis taklim/masjid, RT/RW di daerah itu secara selektif dan bertahap.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, Ahmad Syaropi, di Jakarta, Jumat, mengatakan pada tahun ini pihaknya kembali membagikan sekitar 300 set alat kesenian kepada mereka.

"Selektif artinya, untuk warga yang mempunyai kegiatan kesenian dan berdomisili di Jakarta Barat," katanya.

Selain itu, katanya, kepada warga yang memang sudah mengajukan permohonan alat kesenian untuk kegiatan keagamaan dan pelestarian budaya Betawi. 
 
“Pembagian alat kesenian ini merupakan hasil aspirasi warga melalui rembuk RW dan Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) Kelurahan 2022,” katanya. 

Baca juga: Pemkot Jaksel gelar festival bedug lestarikan budaya Betawi-Islam

Syaropi melanjutkan, ratusan set perlengkapan alat kesenian yang diserahkan terdiri atas hadrah, kasidah dan marawis.

Adapun anggaran untuk pengadaan 300 set alat kesenian tersebut bersumber dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Syaropi belum merinci nilai anggaran yang dimaksud.

“Sudah mulai kami bagikan pada awal Mei. Tahap berikutnya akan mengikuti kebutuhan dari sanggar, pengurus masjid atau RT/RW yang mengajukan. Lalu, akan disetujui secara selektif dan bertahap juga," jelasnya.

Sementara itu, salah satu penerima alat kesenian, H Dunih Mutani, mengucapkan terima kasih atas bantuan alat kesenian itu. 

Baca juga: Pemkot Jaksel beri ruang bagi warga yang ingin kembangkan seni budaya

"Terima kasih atas perhatian dan dukungan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat. Semoga bantuan alat ini makin menumbuhkan kecintaan generasi muda pada seni dan budaya Betawi," ujar Dunih yang juga Pembina Taman Embun Islamic Edu Care Duri Kosambi, Jakarta Barat ini.

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023