Sekali lagi sinergitas dan soliditas, rasa persatuan dan kesatuan itu harus terus dijaga.
Padang (ANTARA) -
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengingatkan pentingnya membangun sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan Latsitardanus XLIII di Sumbar.
 
"Sesuai dengan namanya Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara, kegiatan ini fokus pada integrasi, sinergi, dan soliditas. Ini akan menjadi bekal saat menjalankan tugas nanti," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Padang, Jumat.
 
Panglima mengatakan bahwa pelaksanaan program itu setiap tahun untuk melatih para taruna tahun akhir tentang pentingnya sinergitas tidak hanya dengan sesama lulusan, tetapi juga dengan lembaga lain, bahkan masyarakat untuk membangun bangsa.
 
Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali di akhir pendidikan oleh taruna Tingkat IV (akhir) Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri. Kegiatan itu juga diintegrasikan dengan IPDN dan mahasiswa UNP.
 
Latsitadarnus mulai berlangsung pada tanggal 19 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 di Sumbar.
 
Penempatan pelaksanaan kegiatan di Kompi BS/Kijang di Kota Padang, kemudian Yontarlat II/HIU di Kota Pariaman tersebar di empat kecamatan 55 nagari atau desa.
 
Selain itu, di Yontarlat III/Elang di Kabupaten Pasaman tersebar di 12 kecamatan 62 nagari, Yontarlat IV/Kijang di Kota Solok dengan dua kecamatan 13 nagari, dan Yontarlat 1/Macan di Pesisir Selatan dengan 15 kecamatan 182 nagari.
Lebih lanjut Laksamana TNI Yudo Margono mengingatkan kepada peserta untuk membaur menjalankan program bersama masyarakat setempat.
 
Sementara itu, Kapolri mengatakan bahwa sinergitas antarsemua pihak itu sudah terbukti berhasil membawa bangsa melewati badai COVID-19.
 
"Saat ini kita menghadapi ketidakpastian global. Oleh karena itu, sekali lagi sinergitas dan soliditas, rasa persatuan dan kesatuan itu harus terus dijaga," katanya.
 
Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan selamat datang kepada 1.300 peserta Latsitardanus XLIII di Sumbar.

Gubernur berharap agenda nasional itu bisa berjalan dengan sukses.

Baca juga: Peserta Latsitardanus XLIII rehabilitasi puluhan RTLH di Sumbar
Baca juga: Gubernur Akmil: Pramuka Yudha untuk evaluasi kemampuan taruna

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023