Jika PPK/PPS tidak mendapatkan tempat untuk bekerja, bagaimana bisa pemilu 2024 nanti bisa dipersiapkan?
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat, Cucum Sumardi mengimbau agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja maksimal dengan menggandeng atau bersinergi dengan kelurahan dan kecamatan masing-masing melalui sekretariat.

"Jadi, antara PPK/PPS dan Sekretariat Kecamatan/Kelurahan harus ada sinergi. Kenapa ini menjadi penting? Karena masing-masing punya peran untuk mewujudkan pemilu yang sukses," ungkap Cucum saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat.

Cucum melanjutkan, PPK tidak bisa bekerja maksimal tanpa difasilitasi oleh Sekretariat Kecamatan. Begitu juga PPS tidak akan bisa bekerja maksimal tanpa dukungan fasilitas dari Sekretariat Kelurahan.

"Begitu juga sebaliknya dengan Sekretariat Kecamatan/Kelurahan. Jika PPK/PPS tidak mendapatkan tempat untuk bekerja, bagaimana bisa pemilu 2024 nanti bisa dipersiapkan? Jadi harus ada sinergi. Harus ada komunikasi dan hubungan baik yang dijaga," ucapnya.

Sama hal dengan KPU Kota Jakarta Barat. Kita tentunya harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah kota untuk keperluan-keperluan seperti gedung dan lainnya.

"Tidak usah jauh-jauh, bagaimana bisa kita menghadirkan 400 petugas PPK/PPS ini tanpa fasilitas gedung yang disediakan oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat? Jadi komunikasi dan sinergi ini diperlukan di semua lini, bukan hanya di kelurahan atau kecamatan," ungkap Cucum.

Selain itu, Cucum juga mengimbau bahwa tugas KPU Jakbar bersama PPK/PPS yang ada tidak hanya sampai pada pelaksanaan pemilu yang sukses, tetapi juga sampai pada pertanggungjawaban.

"Nanti ada yang namanya laporan pertanggungjawaban dana operasional PPK dan dana operasional PPS. bagaimana cara mempertanggungjawabkan dana tersebut setelah pemilu? Itu yang sedang kami giatkan," jelas Cucum.

Di kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan (Aspem) Jakarta Barat, Firmanudin. Ia mengimbau seluruh PPK/PPS untuk selalu menjaga kesehatan, karena tidak bisa dipungkiri pekerjaan yang menanti akan sangat banyak menguras tenaga dan pikiran.
Baca juga: KPU Jakbar siapkan lima GOR untuk rekapitulasi dan logistik Pemilu
Baca juga: KPU Jakbar imbau warga buat surat keterangan pemilih secara daring
Baca juga: KPU Jakbar ajak parpol daftar bakal calon DPRD DKI Jakarta lebih awal

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023