evaluasi dan penilaian pejabat terbaik di Jakarta Timur
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur memilih lima kelurahan sebagai kandidat Kelurahan Terbaik 2023.

"Penilaian lima terbaik didasarkan administrasi yang telah di input masing-masing kelurahan dalam aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," kata Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainah dalam Rapat Persiapan Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di Kantor Wali Kota Jaktim, Jumat.

Menurut dia, kegiatan lomba itu sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yang menilai unsur pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Oleh karena itu, verifikasi lapangan akan melihat kinerja pemerintahan, pemberdayaan dan inovasi sesuai administrasi yang telah diinput masing-masing kelurahan.

"Lomba ini juga menjadi evaluasi dan penilaian pejabat terbaik di Jakarta Timur. Kita berharap lomba menghasilkan yang terbaik," kata Iin dalam keterangan tertulisnya.

Kandidat lima terbaik merupakan perwakilan dari 10 kelurahan, yakni Kelurahan Pulogebang, Utan Kayu Utara, Jatinegara Kaum, Bali Mester, Pondok Kopi, Lubang Buaya, Makasar, Kramat Jati, Susukan, dan Kelurahan Baru.

Ke-10 kelurahan akan menjalani penilaian administratif hingga menyusutkan perwakilan tiap kecamatan menjadi lima besar tingkat kota untuk mengikuti tahap verifikasi lapangan.

"Setiap item yang diminta dalam aplikasi epedeskel ini memiliki bobot nilai. Hasil akhirnya menjadi acuan lima terbaik," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setko Jakarta Timur, Nuke Dari.

Setelah ditetapkan lima terbaik, Nuke menjelaskan tim juri akan melakukan verifikasi lapangan mulai Senin (22/5) hingga Rabu (24/5).

Setelah itu, tiga tim terbaik hasil penilaian verifikasi lapangan akan melakukan paparan di Walikota Jakarta Timur pada 29 Mei 2023.

Dalam pemaparan nanti, tiap wakil kelurahan akan menampilkan lurah, ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan TP PKK dengan menghadirkan lima suporter.

Pemenang dari tiga besar itu nantinya akan mewakili Jakarta Timur ke lomba ke tingkat provinsi pada Juli 2023.

Baca juga: Komplotan praktik aborsi raup keuntungan Rp 25 juta per hari

Baca juga: Pemkot bongkar 54 kios di bantaran Kali IKIP Pulogadung

Baca juga: Pemkot Jaktim matangkan pembangunan rute LRT Velodrome-Manggarai

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023