Palembang (ANTARA) - Sebanyak 18 anggota Pramuka Gugus Depan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dilepas untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) XVI tahun 2023 di Gorontalo pada 22-27 Mei 2023.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Dr Nyayu Khodijah melepas anggota Pramuka andalannya di Kampus B UIN Palembang di Jakabaring Kota Palembang, Jumat.

"Semua anggota kontingen Pramuka UIN Raden Fatah mesti merawat citra positif institusi dan Provinsi Sumatera Selatan dengan merefleksikan Dharma Pramuka lewat sikap moderat,” kata Prof Nyayu Khodijah.

Baca juga: Guru Besar UI: Gerakan pramuka efektif untuk bentuk karakter positif

Kegiatan utama Perkemahan Wirakarya Nasional adalah kerja bakti. "Sumbangkan pengabdian dan karya terbaik untuk masyarakat Gorontalo," katanya.

Rektor mengatakan ajang ini dapat meningkatkan kualitas diri, sekaligus menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan diri untuk membantu pembangunan berkelanjutan bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Wali Kota: Pramuka sarana membangun karakter cinta Tanah Air

Perkemahan tingkat nasional itu akan berlangsung di Bumi Perkemahan Kampus II IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan mengusung tema “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama”.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Raden Fatah Dr Hamidah sebagai pimpinan kontingen Pramuka Gugus Depan UIN Raden Fatah berpesan agar setiap anggota dapat mengikuti kegiatan dengan baik, menjaga kekompakan, dan menjaga kesehatan selama berlangsungnya kegiatan perkemahan.

Baca juga: Mahasiswa UI wakili RI pada forum pramuka internasional di Hongkong

Sebelumnya UIN Raden Fatah menjadi tuan rumah PWN PTK XV 2021 dan menorehkan prestasi nasional dengan mencatat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pencapaian 35.503 pantun bertemakan moderasi beragama. Pantun-pantun itu berasal dari partisipasi masyarakat berbagai penjuru provinsi di Indonesia.
 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Fadli Alqodri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023