“Saya percaya, cara jitu untuk keluar dari kemiskinan adalah dengan pendidikan,”
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden bidang Pendidikan dan Inovasi Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau dikenal sebagai Billy Mambrasar membuktikan bahwa melalui pendidikan, setiap masyarakat pasti bisa mengentaskan diri dari kemiskinan.

“Saya percaya, cara jitu untuk keluar dari kemiskinan adalah dengan pendidikan,” katanya pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pria yang berhasil mendapatkan beasiswa Tanoto Foundation di Harvard University, Amerika Serikat ini lahir di Kepulauan Yapen, Provinsi Papua. Dari Papua ke Amerika hingga Istana, Ia membuktikan bahwa dengan pendidikan, tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai.

Pengalaman hidup sebagai anak Papua membuat Billy mampu menangkap berbagai permasalahan sosial di masyarakat, khususnya akses pendidikan yang terbatas dan kendala ekonomi. Hal itulah yang melatarbelakangi inisiatifnya mendirikan Yayasan Kitongbisa yang fokus pada pendidikan anak kurang mampu dan pengembangan kewirausahaan.

“Di sini, ketimpangan dan kesenjangan ekonomi adalah masalah utamanya,” tuturnya.

Berbagai prestasi dan terobosan dalam kegiatan sosial di Papua membuat Billy dipercaya Presiden Joko Widodo menjadi Staf Khusus Presiden. Melalui kesempatan yang didapatkan dengan posisi tersebut, Billy memperluas perannya dengan mendirikan pusat belajar non-formal, kewirausahaan, hingga pemberdayaan petani milenial yang menjangkau jutaan orang.

Ia juga berpesan kepada seluruh peraih beasiswa Tanoto Foundation untuk bekerja sama dan membuat efek berganda yang lebih besar untuk masyarakat Indonesia.

“Satu orang saja bisa membawa dampak begitu besar, apalagi jika sesama alumni beasiswa Tanoto Foundation bekerja sama, maka akan bisa membuat efek berganda yang lebih besar,” demikian Billy Mambrasar.
Baca juga: Pemkab Aceh Jaya gandeng IPB University entaskan kemiskinan ekstrem
Baca juga: Menko PMK puji keberhasilan Tulungagung entaskan kemiskinan ekstrem
Baca juga: Gubernur Riau berupaya entaskan kemiskinan ekstrem melalui zakat

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023