Balikpapan. (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan serah terima hibah peningkatan sarana dan prasarana Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, Kepada kepada Kemenag RI.

Acara serah terima dilakukan oleh Pemprov Kaltim kepada Kemenag RI, yakni antara Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dan Sekjen Kemenag RI Prof. Dr Nizar di Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, Sabtu.

"Semoga bantuan dana hibah yang diberikan kepada Kemenag RI melalui UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat," ucap Wagub Hadi Mulyadi.

Sebelum penyerahan aset tersebut, Wagub Hadi juga sekaligus meresmikan penggunaan asrama haji baru di Balikpapan, dan kemudian acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Haji Ramah Lansia.

Baca juga: Walikota Samarinda lepas 581 calon haji dalam acara manasik

Baca juga: Kemenag berangkatkan 489 petugas haji gelombang pertama ke Arab Saudi


Menurut Wagub, bantuan yang diberikan Pemprov Kaltim tidak besar jika dibandingkan jasa para petugas di UPT Embarkasi Haji.

Karena itu, bantuan diharapkan betul-betul dapat difungsikan dengan baik. Seperti kendaraan hingga fasilitas gedung yang dilengkapi pusat oleh-oleh dari tanah suci.

Selanjutnya, pelayanan kepada jamaah haji juga harus ditingkatkan.

"Alhamdulillah, untuk Embarkasi Haji Balikpapan sudah bagus pelayanan. Dengan diberikan bantuan dana hibah dan telah direalisasikan, semoga semakin memberikan kemudahan dalam melayani jamaah," katanya.

Bantuan itu  sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemprov Kaltim selama kepemimpinan dirinya bersama Gubernur Isran Noor kepada instansi vertikal, tidak terkecuali Kemenag melalui UPT Embarkasi Haji.

"Semoga bisa diterima dengan ikhlas dan jika ada yang mau ditambah lagi, Insya Allah kami bantu lagi," ucap Hadi.

Kepada peserta FGD, Wagub Hadi berpesan agar tetap semangat bekerja dengan menjalin komunikasi dan koordinasi, sehingga apa yang dikerjakan terasa mudah.

Sekjen Kemenag RI Nizar mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemprov Kaltim atas pemberian bantuan dana hibah.

Semoga bantuan hibah dan kini telah dibangun sarana prasarana memberi manfaat bagi calon jamaah haji di Kaltim," ungkapnya.

Bantuan dana hibah Pemprov Kaltim bersumber dari APBD Perubahan 2022 untuk UPT Embarkasi Haji Balikpapan senilai Rp7,9 miliar.*

Baca juga: Lima calon haji asal Jambi batalkan berangkat ke Tanah Suci

Baca juga: Komisi VIII DPR RI minta Kemenag bagi kuota tambahan haji proporsional

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023