Mudah-mudahan dengan adanya CSS ini lebih meningkatkan kepedulian masyarakat pentingnya sanitasi...
Bandung (ANTARA) -
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, Jawa Barat meyakini pelaksanaan Pertemuan Puncak Sanitasi Kota atau City Sanitation Summit (CSS) XXI pada 14-16 Juni 2023 mendatang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Disparbud Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan menyatakan dalam kegiatan tingkat nasional yang saat ini tengah dalam tahap persiapan tersebut, direncanakan akan ada berbagai acara dan perlombaan yang berkaitan dengan sanitasi kota.

"Pada pelaksanaan giat nasional CSS itu, di dalamnya ada kegiatan yang berkaitan dengan sanitasi, seperti kejuaraan bonsai, kemudian ada beberapa kegiatan ekspo, aktivitas fashion show, festival musik, cerdas cermat, dan lain sebagainya. Dan tentunya ini salah satu cara bagaimana kita mengundang para wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bandung," kata Wawan dalam keterangan tertulis di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu.

Menghadapi pelaksanaan CSS tersebut, kata Wawan, Disparbud setempat memiliki tugas sebagai koordinator bidang acara, seremoni, closing, maupun site event.

"Sampai hari ini, Disparbud sudah membuat beberapa konsep acara yang berkaitan dengan persiapan Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah CSS. Kemudian mempersiapkan bagaimana kita menyambut para tamu CSS yang datang ke Kabupaten Bandung," kata Wawan.

Wawan menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan, termasuk mempersiapkan beberapa event di dalam CSS Fair yang dilaksanakan di Dome Bale Rame Soreang.

"Yang di dalamnya ada ekspo sanitasi, cerdas cermat, fashion show dengan fashion ramah lingkungan. Ada beberapa desainer, dengan desain fashion ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami," ujarnya.

Di lokasi tersebut juga, kata Wawan, ada pagelaran beberapa pameran dengan menggunakan produk-produk sanitasi, mulai dari mesin pencacah sampah, dan lainnya.

"Tidak lupa kami akan menyiapkan spot kuliner khusus, teman-teman yang ingin datang, tentunya yang membawa putra-putrinya maupun anak-anak sekolah dan sebagainya. Di situ juga nantinya ada festival musik selama tiga hari. Teman-teman anak muda yang mau datang, silakan untuk datang memeriahkan Festival Musik CSS tersebut pada 14-16 Juni 2023 di kawasan Gedong Budaya Soreang," ujarnya.

Untuk akomodasi, kata Wawan lagi, pihaknya sudah mempersiapkan hotel-hotel, home stay serta paket-paket wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dari seluruh Indonesia.

"Kami sudah persiapkan semuanya, sudah dikoordinasikan dan kesiapan desk per bidang. Mulai dari bidang acara, pameran, site visit, publikasi dan dokumentasi dan kami sudah mengumpulkan admin instagram di OPD maupun kecamatan bagaimana setiap hari untuk memposting kegiatan dengan template tentang CSS," katanya lagi.

Dengan harapan, ujar dia pula, melalui keterlibatan banyak pihak, pelaksanaan CSS ini dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan adanya CSS ini lebih meningkatkan kepedulian masyarakat pentingnya sanitasi untuk menunjang keberlangsungan kehidupan manusia di muka bumi ini, khususnya di Kabupaten Bandung," kata dia.
Baca juga: Bandung pastikan transportasi pertemuan puncak sanitasi kota 2023 siap

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023