Karena di Kabupaten Bandung banyak paket wisata di setiap zonanya, Kabupaten Bandung sangat kaya.
Bandung (ANTARA) -
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung menyiapkan lima zona wisata untuk menyambut para peserta Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 2-9 Juli 2023.
 
Kabid Promosi dan Ekonomi Kreatif Disparbud Kabupaten Bandung Vena Andriawan mengatakan gelaran Fornas itu sangat berpotensi meningkatkan pendapatan daerah. Sehingga menurutnya informasi terkait lima zona wisata itu disosialisasikan kepada peserta Fornas dari tiap daerah.
 
"Karena di Kabupaten Bandung banyak paket wisata di setiap zonanya, Kabupaten Bandung sangat kaya," kata Vena, di Bandung, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, lima zona wisata itu di antaranya wilayah Soreang, Pacira (Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali), Pangalengan, Majalaya, dan wilayah Bandung Utara.
 
Menurutnya, zona Soreang disiapkan untuk lokasi acara-acara resmi dan hotel untuk penginapan peserta Fornas. Pasalnya, kata dia, Soreang yang merupakan kawasan pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung memiliki fasilitas lengkap.
 
"Akses tol juga sudah lengkap, ada gedung pertunjukan, sport center, penunjang lainnya juga ada, hotel juga ada," kata dia.
 
Kemudian daerah Pacira, menurutnya, difokuskan untuk wilayah wisata perkemahan. Karena, kata dia, wilayah tersebut memiliki nuansa alam seperti hutan, perkebunan, dan perbukitan.
 
"Itu untuk lebih ke wisata destinasi, camping, glamping, rumah pohon, caravan, itu didorong di Pacira," kata dia lagi.
 
Lalu kawasan Pangalengan, menurutnya lagi, disiapkan untuk menjadi destinasi wisata berbasis agro, petualangan, serta wisata air. Sedangkan kawasan Majalaya menurutnya merupakan wisata yang berbasis heritage.
 
"Dan KBU, Kawasan Bandung Utara, itu lebih ke destinasi digital, condong kepada penyiapan atraksinya ke leisure, karena secara biaya itu di Bandung utara itu lebih tinggi ya, kafe mewah kan banyak, tempatnya juga representatif," kata Vena.
 
Dia pun memprediksi pada momen Fornas VII bakal ada sekitar 17 ribu orang yang mendatangi Kabupaten Bandung. Sehingga dia pun bakal mempromosikan sejumlah zona wisata itu dengan berbagai paket wisata.
 
"Kemudian kita juga menyiapkan akomodasi, hotel, restoran, homestay, kita sudah lakukan pendataan dan datanya sudah dikirim ke pihak panitia nasional ya untuk disebarkan," katanya lagi.
Baca juga: Kemenpora harap FORNAS VII 2023 terlaksana dengan sukses
Baca juga: Kalimantan Selatan target 500 atlet untuk FORNAS 2023 di Jabar

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023