Bandung (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat yang memastikan diri menjadi juara umum cabang skateboard dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 Jawa Barat, berharap ajang ini bisa meningkatkan kualitas atlet dan perkembangan skateboard di Indonesia khususnya Jabar.

"Untuk Jawa Barat alhamdulilah bisa banyak dapat emas di sini di mana pesertanya juga sejauh saya paling banyak dengan 29 provinsi turut serta, semoga Fornas VII ini bisa meningkatkan kualitas atlet dan perkembangan skateboard agar lebih memasyarakat utamanya di Jabar," kata Pelatih kontingen skateboard Jawa barat Anjar Pratama di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Harapan itu diungkapkan Anjar, tidak lepas dari arena pertandingan skateboard (skate park) Bedas Extreme Sport Arena di kompleks Si Jalak Harupat yang digunakan dalam Fornas VII ini adalah yang terbesar yang dibangun pemerintah dengan standar internasional.

Mengingat selama ini atlet skateboard termasuk yang berasal dari Jawa Barat, masih mengandalkan skate park swasta dengan menyewa, bahkan taman hingga jalanan umum.

"Alhamdulillah juga ada tempat ini maksudnya di Jawa Barat ini mungkin skate park terbesar, bahkan mungkin di Indonesia juga terlebih nanti akan ada perluasan tahun depan, dengan adanya fasilitas yang bisa digunakan latihan ini pasti ke depannya bisa lebih berkembang lagi, karena sangat butuh fasilitas ini untuk pertandingan selanjutnya di manapun," ucapnya.

Kontingen Jawa Barat sendiri berhasil menjuarai delapan dari 16 nomor pertandingan skateboard dalam Fornas VII Jabar ini, yaitu nomer street beginner women class melalui Queenara Ayra Darmawan yang mengungguli Elrafa Rasendria Iswara (Jatim) dan Laetitia Sarashvati Aleeyah (Jabar).

Kemudian Street U15th Senior Class melalui Sabian Raindra Putra, yang melampaui perolehan poin Jonathan Radi Kun Rorimpandey (Sulut) dan Andhika Ramadhan (Sumbar).

Lalu nomor Street U15 Junior lewat Shyami R Sinathrya, yang mengungguli Sean Setya (Jateng) dan Fadhil Putra Diansyah (DKI Jakarta).

Juga nomor Games of Skate Putra melalui Ragil yang melampaui poin yang didapatkan oleh Reza (Kaltim) dan Mohammad Guru (Kalsel).

Emas Fornas VII bagi Jawa Barat juga disumbangkan nomor Street Open Putri melalui Kyora Allaryce Tunggal Djaja yang mengungguli Zee Fara (Jatim) dan Rachel Gavrila Ace Quilin Naibaho (DKI Jakarta).

Kemudian nomor Open Street Putra melalui Zaidar Maulana Ibrahim, yang perolehan poinnya tidak mampu dikejar oleh Erlangga Ramadhan Putra (DKI Jakarta) dan Muhammad Khaerul Habibi (Jabar).

Lalu nomor Open Park Men lewat Firdausi Nuzula PH, yang mengungguli dua atlet Jawa Barat lainnya yakni Derrian dan Wanda Septiadi Wijaya.

Serta pada nomor Open Launch Ramp lewat Derian yang melampaui poin dari Aldy Agustiano (Sumbar) dan Naufal Abid Mahmudi (Jatim).

Selain delapan nomor tersebut yang masuk penilaian nasional (national rank), Jawa Barat juga meraih medali tambahan di kategori non klasemen, yakni emas dan perak dari nomor U10th Street masing-masing melalui Child Lindra Azwar dan Gregorius Alvabright, yang mengungguli Gavin Bayu (Sumut).

Emas kategori ini juga datang dari nomor U40th Up Park melalui Shendy Pranoordy yang mengungguli Roni Yogassara (DKI) dan Ardi Poli (DKI).

Pada kategori non klasemen juga Jabar bisa meraih medali perak dan perunggu pada nomor Flat Rail Vulcano melalui Carlos dan Rio Irfan Syahputra yang harus mengakui keunggulan Alam Rohmatan (Banten).

"Harapannya sih pada edisi selanjutnya bisa lebih banyak lagi emas yang diraih oleh Jawa Barat," tuturnya.

Adapun delapan nomor pertandingan klasemen Fornas VII Jawa Barat cabang skateboard lainnya, untuk Games of Skate Putri emas diperoleh Carissa Zealova Syaifuddin (Jatim), perak Tectonia Athaya Salma (DIY), dan perunggu diperoleh Adinda Zahra Kirana (Jabar).

Nomor Long Ollie emas didapatkan Aldi Agustinus (Sumbar), perak diperoleh Diki Zulma (Aceh), dan perunggu direbut Bondan Kertopati (Papua).

Nomor Beginner Street Putra, emas direbut Hafizd Wahyu Kurniawan (DIY), perak didapat Muhammad Rifansya (Kalsel), dan perunggu diperoleh Yudha Bakti Tri (Jatim).

Nomor Open Park Women, emas didapat Jessica Nadya Esther (DKI Jakarta), perak diperoleh Mikhayla Shanum Caya (Banten), dan perunggu direbut Marlene Yosephine Tanubrata (DKI Jakarta).

Nomor Best Trick Big Down Rail Green, emas diperoleh Hafizd Wahyu Kurniawan (DIY), perak direbut Satria Atjeh (Jatim), dan perunggu didapat Nebic (DKI Jakarta).

Nomor Best Trick Drop in Stairs White, emas direbut Rino Herman (Sumbar), perak didapat Jonggi Rizki (Jambi), dan perunggu diperoleh Marshal Pasha Kurniawan (Jateng).

Nomor Best Trick Flat Rail Vulcano, emas didapat M Rafi Akbar (Kalsel), perak diperoleh Aldi (Kepri), dan perunggu direbut Farel (Sulteng).

Nomor Best Trick Kinky Rail, emas diperoleh Tinno Andrean Putra (Lampung), perak direbut Ardi Wirananta Tarigan (Sumut) dan perunggu diperoleh Riyan Eka Prakasiwi (Papua).

Baca juga: Kontingen Jawa Barat pimpin perolehan medali FORNAS VII

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023