Banjarmasin (ANTARA) - Komisi IV Bidang Kesra DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan Balai Latihan Kerja (BLK) Banjarbaru mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk persiapan menghadapi kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel Firman Yusi mengemukakan itu sebelum berangkat melakukan kaji tiru ke BLK Jawa Barat (Jabar) di Bekasi.

"Kita sengaja memilih BLK Jabar di Bekasi, karena berdekatan dengan DKI Jakarta dan merupakan Ibu Kota Jakarta yang ada selama ini," ujar Firman di Banjarmasin, Minggu.

Firman menuturkan Provinsi Kalsel harus ambil bagian menyiapkan tenaga kerja kompeten karena sebagai gerbang IKN Nusantara.

Karena itu, Firman menekankan BLK Banjarbaru serius dan siap sebagai penyedia ketenagakerjaan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Jangan sampai sebagai gerbang IKN yang nanti berkedudukan di daerah tetangga yaitu Kalimantan Timur (Kaltim), Kalsel hanya menjadi penonton, minimal turut andil dalam penyedia ketenagakerjaan," ujar Firman.

Guna menyiapkan tenaga kerja di Kalsel berkualitas bagi IKN, Firman menyebutkan Komisi IV DPRD Kalsel uji studi ke BLK di Bekasi, Jawa Barat untuk penerapan di BLK Banjarbaru.

"Kita berharap dalam kaji tiru ke BLK Jabar di Bekasi banyak mendapatkan bahan sebagai masukkan buat peningkatan peran dan fungsi BLK Banjarbaru," tutur Firman.

Komisi IV DPRD Kalsel yang diketuai M Lutfi Saifuddin dan Wakil Ketua Komisi Guna kunjungan kerja ke BLK Bekasi pada 21 - 23 Mei 2023.

Baca juga: Menteri PUPR: Penyiapan SDM untuk pembangunan IKN jadi prioritas
Baca juga: CCIPP tingkatkan kualitas SDM untuk dukung IKN melalui diklat

Pewarta: Gunawan Wibisono/Syamsuddin Hasan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023