Kami menyatakan pembatalan penuh Deklarasi Bersama mengenai Denuklirisasi di Semenanjung Korea, yang disepakati pada 1992 dan dianggap tidak sah secara mutlak,"
Pyongyang (ANTARA News) - Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) pada Jumat bersumpah mengambil "tindakan keras penanggulangan" jika Korea Selatan terlibat langsung dalam sanksi PBB, yang akan dilihat sebagai "pernyataan perang" terhadap Pyongyang.

"Kami menyatakan pembatalan penuh Deklarasi Bersama mengenai Denuklirisasi di Semenanjung Korea, yang disepakati pada 1992 dan dianggap tidak sah secara mutlak," kata Komite untuk Reunifikasi Damai Korea dalam pernyataan.

Selama Korea Selatan terus-menerus menerapkan kebijakan bermusuhan, Korea Utara tidak akan pernah mau berunding dengan siapa pun, katanya.

Komite juga menegaskan bahwa negara akan bereaksi terhadap provokasi dengan pukulan-pukulan balasan segera dan perang keadilan bagi reunifikasi nasional.

Pada Selasa, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui Resolusi 2087 yang mengharuskan Korea Utara untuk mematuhi semua resolusi yang relevan, yang disetujui oleh Dewan Keamanan dan tidak menggunakan teknologi peluru kendali balistik untuk peluncuran apapun.

Pihaknya juga menegaskan untuk mencari solusi damai, diplomatik dan politik dengan isu-isu terkait dan menganjurkan pembaharuan pembicaraan enam pihak mengenai isu denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Baik Korea Selatan dan Amerika Serikat telah berjanji untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan resolusi PBB.

Menolak resolusi, Korea Utara pada Kamis berjanji untuk melakukan peluncuran roket dan uji coba nuklir tingkat tinggi lagi dengan menargetkan "musuh bebuyutan"-nya - Amerika Serikat.

Pada 12 Desember tahun lalu, kantor berita resmi Korea Utara KCNA mengonfirmasi bahwa negara itu meluncurkan dan mengorbitkan versi kedua satelit Kwangmyongsong-3.

Setelah peluncuran, Korea Utara membela haknya untuk meluncurkan satelit bertujuan damai dan ilmiah dari kecaman-kecaman negara-negara Barat, Korea Selatan dan Jepang, demikian Xinhua.
(H-AK/B002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013